Sukses


Potensi Seto Nurdiyantoro Menjadi Pelatih di Timnas Indonesia Masih Besar

Bola.com, Yogyakarta - Seto Nurdiyantoro sempat mewarnai bursa kandidat pelatih Timnas Indonesia sebelum akhirnya diisi oleh Shin Tae-yong. Beberapa waktu lalu PSSI disibukkan mencari sosok pengganti Simon McMenemy, di mana Seto Nurdiyantoro menjadi satu dari beberapa kandidat.

Kiprah Timnas Indonesia yang babak belur di Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia saat ditangani Simon McMenemy, membuat PSSI bergerak untuk mencari pelatih baru. Beberapa kandidat bermunculan seperti Shin Tae-yong, Ruud Gullit, hingga mantan arsitek Timnas Indonesia asal Spanyol, Luis Milla.

Nama Seto Nurdiyantoro tak ketinggalan masuk bursa sebagai pelatih lokal yang masih muda dan sedang naik daun karena kesuksesannya bersama PSS Sleman. Sebagai pelatih muda, Seto sudah mempunyai lisensi kepelatihan AFC Pro dan pengalaman membawa PSS Sleman menjuarai Liga 2 2018.

Tidak sampai di situ, musim debutnya memimpin PSS di Shopee Liga 1 berakhir dengan pencapaian luar biasa. Tim Elang Jawa dibawanya finis di posisi delapan klasemen akhir. Seto pun dinilai layak dijajal untuk level tim nasional, sekalipun sebagai asisten pelatih.

Hal itu diakui rekannya di tim pelatih PSIM Yogyakarta, Bonggo Pribadi. Duet Seto dan Bonggo Pribadi tengah bertugas sebagai juru taktik Laskar Mataram di Liga 2 2020. Seto sebagai pelatih kepala, Bonggo didapuk menjadi asistennya.

"Saya melihat Seto punya potensi sebagai pelatih bagus masa depan. Dalam kursus kepelatihan, instruktur pelatih bilang dia menjadi peserta dengan nilai yang baik," ungkap Bonggo Pribadi saat dihubungi Bola.com.

"Terlihat di lapangan, di mana pelaksanaan latihan bagus dan terorganisir. Saya juga banyak belajar dari beliau," lanjut Bonggo mengenai Seto Nurdiyantoro.

Video

2 dari 2 halaman

Butuh Pengalaman dan Jam Terbang

Meski kini Timnas Indonesia sudah ditangani Shin Tae-yong, potensi Seto Nurdiyantoro disebut masih besar. Mantan pelatih PSIS Semarang ini menambahkan jam terbang dan pengalaman masih dibutuhkan Seto untuk naik ke level yang lebih tinggi.

"Tentu bisa ke Timnas Indonesia. Untuk menuju ke jenjang pelatih Timnas Indonesia perlu pengalaman yang lebih banyak," tutur pria asal Surabaya itu.

"Seto juga termasuk baru dalam membesut klub, sempat di Liga 1 turun lagi ke tim Liga 2. Memang harus mengalami proses seperti itu, naik dan turun, pengalaman yang bisa diambil sebanyak mungkin," jelas Bonggo Pribadi.

Video Populer

Foto Populer