VIDEO: Pesan Penting dari Legenda Timnas Indonesia, Ponaryo Astaman soal Sepak Bola dan Sekolah

VIDEO: Pesan Penting dari Legenda Timnas Indonesia, Ponaryo Astaman soal Sepak Bola dan Sekolah

- Ponaryo Astaman menjadi salah satu bintang tamu dalam acara Silaturahome hari kedua yang digelar pada Rabu (27/5/2020). Dalam acara bincang-bincang secara virtual tersebut, legenda Timnas Indonesia itu menyampaikan pentingnya sepak bola yang berjalan beriringan dengan sekolah.

Ponaryo Astaman mengingatkan pentingnya sekolah formal bagi anak-anak yang sedang menjalani pendidikan sepak bola. Menurutnya, anak-anak seharusnya tidak meninggalkan sekolah demi sepak bola. Ia bahkan menyebutkan bahwa sepak bola justru yang menjadi sampingan, sekolah tetap fokus utama.

"Kalau menurut saya harus beriringan. Kenapa harus? Tidak bisa dilupakan bahwa sepak bola itu adalah 'sampingan'. Sekolah itu justru yang utama. Karena orang yang berlatih sepak bola sejak kecil, belum tentu besarnya menjadi pesepak bola. Akan tetapi, kalau ia mengutamakan sekolah, anak itu sampai besar masih terpakai ilmunya saat bersekolah. Bila ia menjadi pesepak bola, ilmu itu tetap akan terpakai," kata Ponaryo.

Sepak bola modern kini juga memanfaatkan ilmu pengetahuan (science). Hal tersebut juga yang membuat Ponaryo mengatakan bahwa ilmu di sekolah sangat penting didapatkan dan diserap oleh anak-anak.

"Kalau kita lihat sekarang, pelatih satu klub ada berapa orang? Ada puluhan. Ada belasan orang yang memegang komputer, ada yang menganalisa, melihat video, grafis, dan segala macamnya. Sepak bola pun kini juga menyerap ilmu pengetahuan. Jadi, salah besar bila meninggalkan sekolah untuk sepak bola," ujar Ponaryo Astaman, yang pernah mencetak gol fantastis di Piala Asia 2004 untuk Timnas Indonesia.

Seperti apa saat mantan kapten Timnas Indonesia, Ponaryo Astaman, memberikan pesan penting tersebut? Kalian bisa menyaksikannya dalam video di atas.

Ringkasan

Oleh Erwin Fitriansyah pada 28 May 2020, 09:20 WIB

Video Terkait

Spotlights