Liga 1 2020 Hampir Pasti Disetop, Shopee Mau Sponsori Turnamen Pengganti?

Oleh Ario Yosia pada 28 Mei 2020, 13:50 WIB
Diperbarui 28 Mei 2020, 13:50 WIB
Shopee Liga 1 Logo
Shopee Liga 1 Logo. (Bola.com/Dody Iryawan)

Bola.com, Jakarta - PT Liga Indonesia memastikan Shopee hingga saat ini masih mensponsori Liga 1 2020, walau masa depan kompetisi di ujung tanduk karena mayoritas klub kontestan keberatan kompetisi kasta elite tetap digelar di tengan pandemi corona COVID-19.

Sebelumnya, sempat ada dugaan jika perusahaan ecommerce tersebut menarik diri menyusul hilangnya logo dan titel pada akun media sosial @liga1match. Walau begitu mereka tak lagi mengelontorkan uang sponsorship sejak kompetisi terhenti.

Direktur Bisnis PT Liga Indonesia Baru (LIB), Rudy Kangdra, memastikan bahwa Shopee masih menjadi sponsor utama Liga 1 2020.

"Sampai sekarang Shopee masih menjadi sponsor Liga 1," ujar Rudy kepada Bola.net, Kamis (28/5/2020).

Meski begitu, Shopee tidak lagi mengucurkan dana sponsor. Kondisi ini berlangsung selama kompetisi berhenti imbas pandemi corona COVID-19 melanda Indonesia.

"Jadi Shopee itu sudah tidak mencairkan uang sponsor," kata Rudy.

Sebelumnya, titel Shopee sempat menghilang dari media sosial Liga 1, mulai dari Twitter hingga Instagram.

Di Instagram Liga 1, @liga1match, logo Shopee Liga 1 dan titel Shopee tidak lagi mewarnai unggahan-unggahan akun resmi dari kompetisi kasta teratas Liga Indonesia tersebut sejak 1 Mei 2020.

Foto profil dan bio Liga 1 juga ikut berubah tanpa embel-embel Shopee. Media sosial tiba-tiba ramai. Warganet banyak yang mempertanyakan kenapa logo dan titel Shopee menghilang.

Sejumlah pihak menduga Shopee telah menarik diri sebagai sponsor Liga 1 2020. Terlebih, kompetisi tengah vakum dan belum jelas kepastian kembali dilanjutkan atau tidak.

2 dari 3 halaman

Mayoritas Minta Kompetisi Dihentikan

Tira Persikabo vs PSIS Semarang
Gelandang PSIS Semarang, Bayu Nugroho, berebut bola atas dengan kiper Tira Persikabo pada laga Shopee Liga 1 di Stadion Pakansari, Bogor, Jumat (22/11). PSIS menang 2-1 atas Tira Persikabo. (Bola.com/Yoppy Renato)

Klub-klub Liga 1 memilih sepakat kompetisi dihentikan musim ini. Sebanyak 12 klub dari 18 peserta Liga 1 yang mengikuti rapat virtual yang digelar PSSI dengan PT Liga Indonesia Baru (LIB) terkait pembahasan kompetisi musim 2020, Rabu (27/5/2020) kemarin ini meminta agar kompetisi disetop.

Dalam rapat yang berlangsung selama empat jam dimulai pukul 10.00-14.00 WIB, setidaknya ada empat tim yang dengan tegas meminta Liga 1 disetop tanpa embel-embel atau syarat.

 Keempat tim tersebut adalah Madura United FC, Persebaya Surabaya, PSIS Semarang, dan Bhayangkara FC. Sementara beberapa di antaranya minta kompetisi musim ini disetop dan digantikan dengan turnamen.

Sementara Persiraja Banda Aceh jadi satu-satunya tim yang dengan tegas ingin kompetisi musim ini dilanjutkan tanpa syarat apapun.

 

Sumber asli: Bola.net

Disadur dari: Bola.net (Fitri Apriani, Published 27/5/2020)

 

 

3 dari 3 halaman

Video

Lanjutkan Membaca ↓
Timnas Indonesia Gelar Latihan Perdana Dengan Protokol Kesehatan yang Ketat