Sukses


PSSI Punya PR untuk Memaksimalkan Potensi Pelatih Lokal

Bola.com, Surabaya - Asisten pelatih PSIM Yogyakarta, Bonggo Pribadi, menyebut PSSI mempunyai setumpuk pekerjaan rumah (PR) yang masih belum terselesaikan. Satu di antaranya adalah potensi pelatih lokal yang begitu besar.

Sayangnya, pelatih lokal kalah pamor dengan pelatih asing.

"Kalau bicara kepelatihan lokal, kadang kadang kami sedih, miris. Semua pelatih lokal diminta meningkatkan lisensinya, mengikuti kursus dengan biaya yang relatif, dibilang mahal ya mahal," terang Bonggo Pribadi dalam perbincangan dengan Bola.com.

Bonggo memaklumi jika di kompetisi kasta tertinggi, klub wajib mengikuti regulasi pelatih berlisensi AFC Pro. Namun, menurut dia, seorang pelatih harus benar-benar punya lisensi tinggi, bukan sekadar pelatih asing.

"Tapi setelah itu, tidak menjadi jaminan bisa melatih klub di negeri sendiri. Yang dipercaya justru pelatih asing. Pelatih lokal dengan lisensi kepelatihan AFC Pro memang belum banyak yang punya, kami bisa memaklumi," katanya.

"Seperti contohnya ada klub yang pelatih asingnya harus meminjam lisensi untuk bisa memimpin pertandingan di level internasional. Berarti secara lisensi bermasalah, belum memenuhi syarat," tutur mantan pelatih PSIS Semarang itu.

Seperti halnya pemain, pelatih lokal di Indonesia sangat banyak jumlahnya. Namun, hampir separuh klub kontestan Liga 1 mempekerjakan pelatih asing, 10 tim lainnya menggunakan jasa pelatih lokal.

Saksikan video pilihan berikut ini:

2 dari 2 halaman

Aturan Tegas

Bonggo berharap PSSI memberikan peraturan yang tegas. Contohnya, di kompetisi Liga 2 tidak diperbolehkan untuk dilatih pelatih asing. Atau di Liga 1, pelatih wajib berlisensi AFC Pro dan asistennya harus pelatih lokal. Dengan demikian, akan terdapat transfer ilmu, dan pelatih lokal bisa ikut terangkat.

"Kompetisi Liga 2 ada berapa pelatih asing? Kompetisi kasta kedua saja pakai pelatih asing. Kami-kami yang harus ikut kursus ini mau dikemanakan?," ungkap pelatih asal Surabaya ini.

"Dari sisi komunikasi pasti pelatih lokal jauh lebih baik dan begitu juga dengan memahami karakter dan kultur sepak bola Indonesia. Pelatih lokal punya lebih banyak nilai plusnya, tinggal diberikan kepercayaan atau tidak," tegas Bonggo.

Video Populer

Foto Populer