Piala AFF Masih Buram, PSSI Fokus Persiapkan Timnas Indonesia U-16 dan U-19 ke Piala AFC 2020

Oleh Muhammad Adiyaksa pada 31 Mei 2020, 07:15 WIB
Diperbarui 31 Mei 2020, 07:15 WIB
Timnas Indonesia U-16
Pemain Timnas Indonesia U-16, Alexandro Felix Kamuru, melakukan selebrasi usai membobol gawang tim Piala Soeratin Bekasi U-17 pada laga uji coba di Stadion Patriot, Kota Bekasi, Jumat (13/3/2020). Kedua tim bermain imbang 1-1. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Bola.com, Jakarta - Hajatan Piala AFF 2020 masih buram. Belum jelas apakah turnamen tersebut bakal tetap dijadwalkan pada tahun ini. Rencana semula bakal bergulir pada akhir 2020. Namun, bisa diundur maupun dibatalkan akibat pandemi virus corona.

PSSI belum memikirkan persiapan Timnas Indonesia ke Piala AFF 2020. Apalagi, kompetisi juga masih berhenti. PSSI bakal mengadakan rapat Komite Eksekutif (Exco) dalam waktu dekat untuk menentukan nasib kompetisi.

Saat ini, fokus PSSI adalah ke turnamen terdekat. Kebetulan, Timnas Indonesia U-16 kebagian jatah lebih dulu. Armada Bima Sakti ini akan berpartisipasi di Piala AFC U-16 2020. Gelaran tersebut akan berlangsung di Bahrain pada September-Oktober 2020.

Setelah Timnas Indonesia U-16, giliran Timnas U-19 yang bakal manggung. Pasukan Shin Tae-yong ini bakal tampil di Piala AFC U-19 pada Oktober mendatang di Uzbekistan.

"Sekarang, kami tengah fokus kepada persiapan Timnas Indonesia U-16 untuk Piala AFC U-16 di Bahrain dan Timnas U-19 untuk Piala AFC U-19 di Uzbekistan. Kedua timnas tersebut sudah latihan lewat virtual training," kata Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri.

Kedua level timnas kelompok umur tersebut memang telah melakukan persiapan. Latihan virtual melalui video conference terus digenjot agar kondisi para pemain tetap prima menjelang turnamen.

2 dari 3 halaman

Menunggu Arahan Pemerintah

PSSI Logo
Logo PSSI. (Bola.com/Dody Iryawan)

PSSI juga masih menunggu instruksi dari pemerintah. Khususnya mengenai kemungkinan menggelar kompetisi di tengah wabah virus corona. Apakah kondisinya memungkinkan atau tidak.

Jika kegiatan sepak bola mulai aktif, PSSI baru bisa menggeber aktivitas Timnas Indonesia untuk Piala AFF 2020. Pemusatan latihan pun bisa dimulai.

"Yang pasti, semua tunggu arahan pemerintah. Kami tunggu saja dulu, dan PSSI patuh terhadap apapun anjuran pemerintah. Akan tetapi, kami dari tim teknis sudah membuat sejumlah rancangan. Ada plan A, B, sampai C untuk Timnas Indonesia level senior," jelas Indra Sjafri.

3 dari 3 halaman

Video

Lanjutkan Membaca ↓