Mengadopsi Liga Jepang, Shopee Liga 1 Berlanjut Tanpa Promosi - Degradasi?

pada 31 Mei 2020, 15:15 WIB
Diperbarui 31 Mei 2020, 15:15 WIB
Persija Jakarta Vs Persib Bandung
Gelandang Persib Bandun, Dedi Kusnandar, terjatuh mengejar gelandang Persija Jakarta, Sandi Sute, pada laga Liga 1 di Stadion PTIK, Jakarta, Sabtu (30/6/2018). Persija menang 1-0 atas Persib. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Jakarta - Banyak usulan mengemuka saat PSSI menggelar rapat virtual dengan klub Liga 1 dan Liga 2 2020. Hal itu terkait masa depan kompetisi musim ini yang sudah vakum sejak pertengahan Maret lalu akibat wabah virus corona.

Beragam saran yang masuk antara lain meminta agar kompetisi dihentikan permanen. Atau, dilanjutkan kembali dengan protokol kesehatan yang ketat.

Bahkan, ada klub Liga 2 yang mengusulkan agar kompetisi diteruskan, tapi tak perlu ada degradasi. Pasalnya, situasi dan kondisi yang tidak maksimal, misalnya laga harus digelar tanpa penonton.

Jika benar kompetisi dilanjutkan tanpa ada degradasi, berarti mirip dengan yang terjadi di Jepang. Seperti diketahui, J1 League dan J2 League menghapus sistem degradasi, namun tetap mempertahankan aturan promosi setelah kompetisi ditangguhkan akibat virus corona. Akibatnya, jumlah peserta akan bertambah pada musim depan.

Mungkinkah format di Liga Jepang diadopsi di Indonesia jika Liga 1 dan Liga 2 kembali diputar? Jawabannya masih mengambang.

Lalu, bagaimana respons dari PSSI terkait permintaan klub soal tidak ingin ada degradasi? Hal itu penting karena esensi dari kompetisi adalah ada juara dan degradasi.

Berkaitan dengan hal itu, pelaksana tugas (plt) Sekjen PSSI, Yunus Nusi belum bisa memberikan komentarnya. Bahkan, ia merasa tidak dalam kapasitas untuk menjawab.

"Itu bukan ranah saya untuk menjawabnya. Nanti semua akan dibahas dalam rapat Exco PSSI," ujar Yunus, kepada Bola.net, Sabtu (30/5/2020).

Rapat Exco nantinya akan membahas nasib kompetisi apakah bakal dibatalkan atau diteruskan. Lalu jika disetop, bagaimana siasat PSSI mengisi waktu tanpa kegiatan sepak bola. Dua opsi muncul yaitu menggulirkan turnamen atau kompetisi dengan format baru.

2 dari 3 halaman

Baru Awal

Shopee Liga 1 2020 Logo
Ilustrasi Liga 1 Indonesia (Bola.com/Adreanus Titus)

Sebelum vakum, Liga 1 baru berjalan hingga pekan ketiga, sementara Liga 2 baru bergulir satu pekan. Jadi, masih sangat awal ketika kompetisi ditangguhkan.

Adapun untuk Liga 2 musim ini, diikuti oleh 24 tim. Kemudian dibagi ke dalam dua wilayah, yaitu Barat dan Timur.

Grup Barat diisi PSPS, Babel United, Badak Lampung, Perserang, Sriwijaya FC, PSMS, Tiga Naga, PSIM, Cilegon United, PSKC, Semen Padang, dan Persekat. Sementra grup Timur ditempati Mitra Kukar, Persiba, Persijap, Sulut United, Persewar, Putra Sinar Giri, Persis, PSCS, Kalteng Putra, PSBS, PSHW, dan Martapura FC.

Sumber: Bola.net

Disadur dari: Bola.net (Fitri Apriani, published 30/5/2020)

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓
Timnas Indonesia Gelar Latihan Perdana Dengan Protokol Kesehatan yang Ketat