Sukses


5 Pemain Tua yang Terancam Pensiun Lebih Cepat Jika Liga 1 2020 Dihentikan

Bola.com, Jakarta - Para pesepak bola Indonesia sedang menghadapi dilema. Kekhawatiran muncul terkait kemungkinan kompetisi Liga 1 2020 dihentikan secara total, terutama dari pemain yang sudah memasuki usia senja.

PSSI belum memutuskan kelanjutan nasib Liga 1 2020. Namun, PT Liga Indonesia Baru (LIB) dan mayoritas klub peserta mendukung adanya penghentian kompetisi.

Suara mayoritas muncul mengingat situasi yang tidak memungkinkan untuk melanjutkan kompetisi. Apalagi angka kasus positif virus corona di Indonesia yang belum menunjukkan tren penurunan.

Penghentian kompetisi tentu saja menjadi mimpi buruk buat pemain. Selain penghasilan yang mulai berkurang, klub-klub juga mulai mengevaluasi kontrak para pemain.

Para pemain yang sudah berusia senja juga tak kalah khawatir. Penghentian kompetisi membuat peluang mereka untuk kembali bermain di tim utama mulai mengecil.

Bertambahnya usia tentu saja situasi yang tak bisa dihindari. Keputusan pensiun bisa saja diambil demi menyelamatkan nama besar ketimbang hanya menjadi penghangat bangku cadangan.

Di Liga 1 2020 banyak pemain yang saat ini berada di usia kritis alias tak lagi muda. Lantas, siapa saja pemain yang mungkin pensiun jika kompetisi musim ini dihentikan secara total?

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 6 halaman

1. Maman Abdurrahman

Maman Abdurrahman saat ini sudah berusia 38 tahun. Andai kompetisi Liga 1 2020 dihentikan total, Maman Abdurrahman bisa memikirkan ulang masa depannya.

Musim ini saja Maman Abdurrahman mulai terpinggirkan karena baru bermain sekali. Meskipun masih bisa diandalkan di lini belakang, namun usia tak bisa dibohongi.

Statistik penampilan Maman Abdurrahman bersama Persija juga mulai menurun setiap musimnya. Padahal, pada 2017 Maman Abdurrahman masih mendapatkan banyak kesempatan bermain.

3 dari 6 halaman

2. I Made Wirawan

I Made Wirawan akan menginjak usia 39 tahun pada akhir 2020. Usia yang tentu sudah tak lagi muda buat seorang pesepak bola.

Jika kompetisi Liga 1 2020 dihentikan, I Made Wirawan tak menutup peluang bakal menyudahi kariernya lebih cepat. Apalagi sinyal untuk pensiun sudah mulai terlihat.

Persib Bandung sudah memiliki Teja Paku Alam yang tampil lumayan di bawah mistar gawang. Adapun I Made Wirawan sudah mulai terpinggirkan karena musim ini baru bermain sekali.

4 dari 6 halaman

3. Beto Goncalves

Beto Goncalves pada pengujung tahun 2020 akan genap berusia 40 tahun. Beto sadar usianya sudah tak lagi muda.

Andai Liga 1 2020 dihentikan secara total, besar kemungkinan Beto bakal memikirkan kelanjutkan nasibnya. Meskipun secara kualitas Beto masih bisa diandalkan di lini depan.

Beto musim ini sudah bermain sebanyak tiga kali dan sukses mencetak tiga gol. Namun, tentu saja usia yang semakin menua tak bisa dihindari.

5 dari 6 halaman

4. Herman Dzumafo

Herman Dzumafo saat ini sudah berusia 40 tahun. Pemain naturalisasi Indonesia itu bakal menginjak usia 41 begitu Liga 1 bergulir musim depan.

Pada usia yang tak lagi muda, Herman Dzumafo kemungkinan dihadapkan pada situasi sulit. Besar kemungkinan pemain berusia 186 cm itu bakal mengambil keputusan pensiun jika Liga 1 2020 dihentikan secara total.

Musim ini saja Herman Dzumafo sudah minim kesempatan bermain di Bhayangkara FC. Pemilik nama lengkap Herman Dzumafo Epandi itu baru bermain sebanyak 24 menit dalam dua laga yang dimainkannya.

6 dari 6 halaman

5. Ismed Sofyan

Ismed Sofyan akan menginjak usia 41 tahun pada Agustus nanti. Jika kompetisi Liga 1 2020 dihentikan, artinya peluang Ismed untuk membela Persija Jakarta musim depan mengecil.

Apalagi musim ini tanda-tanda Ismed Sofyan harus pensiun sudah terlihat. Hal itu dibuktikan dengan belum ada kesempatan yang diberikan untuknya bermain musim ini.

Pelatih Sergio Farias lebih memilih Marco Motta untuk bermain di posisi Ismed Sofyan yakni bek kanan. Dengan demikian, saatnya bagi Ismed untuk menentukan kelanjutkan kariernya.

Video Populer

Foto Populer