Sukses


Keluarga, Alasan Leonard Tupamahu Bertahan di Bali saat Pandemi COVID-19

Bola.com, Denpasar - Bek tengah Bali United, Leonard Tupamahu, tetap berada di Pulau Dewata sejak kompetisi Liga 1 2020 terhenti pada Maret lalu. Ia memilih tidak pulang ke Jakarta dan tetap bertahan di Bali demi menjaga kesehatan dan keselamatan keluarga.

Leonard Tupamahu merupakan bek berusia 36 tahun yang membela Bali United sejak 2018. Pemain kelahiran Jakarta itu berperan besar dalam keberhasilan tim berjulukan Serdadu Tridatu menjadi juara Liga 1 pada musim lalu.

Masih menjadi andalan Bali United, Leonard Tupamahu baru menjalani tiga pertandingan bersama Serdadu Tridatu di Liga 1 2020. Namun, kompetisi terhenti lantaran pandemi virus corona COVID-19 yang menyerang dunia, termasuk Indonesia.

Ketika banyak pemain lokal memilih pulang ke kampung halamannya masing-masing, begitupun dengan pemain asing yang kembali ke negara asalnya, Leonard Tupamahu memilih bertahan di Bali bersama istri dan anaknya.

"Selama di ruma seperti ini saat pandemi, ya saya tetap di rumah saja. Saya bermain bersama anak, belajar bersama dia, main bersama dia. Kemudian kalau malam bermain gim online, berlatih di rumah, menyaksikan video pertandingan, dan lain-lain," ujar Leonard tentang kesehariannya di tengah pandemi COVID-19 yang diunggah channel Youtube Bali United.

Leonard memilih untuk tidak pulang ke Jakarta. Keberadaan orang tuanya di Jakarta justru menjadi alasannya untuk tidak mengambil risiko menjadi carrier virus corona yang mungkin saja hinggap saat perjalanan.

"Saya pikir ketika awal pandemi di Bali lebih aman, karena kalau melihat berita justru di Jakarta yang lebih banyak kasus positif ketimbang di Bali. Kalau saya pulang ke Jakarta, di sana ada orang tua saya yang usianya sudah lebih dari 60 tahun. Jadi saya tidak mau ambil risiko. Jadi saya putuskan tetap di sini bersama istri dan anak. Lagipula rumah ini sudah disewa dan dibayar, jadi ya sudah tetap di sini saja," Leonard Tupamahu memaparkan.

 

 

 

 

Video

2 dari 2 halaman

Keluarga yang Utama

Beruntung bagi Leonard Tupamahu, ia tetap bisa menghabiskan waktu bersama keluarga kecilnya, istri dan anaknya, di Bali. Hal ini tentu berbeda dengan sejumlah pemain yang terpaksa mengambil risiko jauh dari keluarga untuk mencari nafkah dengan bergabung bersama klub yang bukan berasal dari daerah asalnya.

Meski tidak berada dekat dengan orang tuanya, Leonard merasa senang karena tetap dekat dengan istri dan anaknya ketika pandemi virus corona datang. Bek Bali United ini juga menegaskan kehadiran keluarga yang selalu menemaninya setiap kali pindah ke sebuah daerah baru untuk bergabung bersama klub baru membantunya menjaga konsistensi.

"Bagi saya, keluarga itu adalah yang utama. Mungkin itu faktor penyebab saya tetap mampu menjaga konsistensi dalam dunia sepak bola," ujar Leonard.

"Sejak saya sudah menikah, ke mana pun saya bermain, saya selalu mengajak keluarga saya. Jujur kalau saya pindah sendiri, justru tidak bisa tidur dan pikiran malah ke mana-mana. Kalau ada istri dan anak di dekat saya, pikiran saya menjadi lebih tenang," lanjutnya.

Leonard Tupamahu merupakan pemain senior yang memulai karier bersama Persija Jakarta pada 2002. Ia sempat membela Persipur Purwodadi, Persikabo Bogor, dan kembali ke Persija Jakarta.

Sempat menjajal dunia futsal pada 2009, Leonard kemudian bergabung bersama Arema Cronus dan Persema Malang. Ia kemudian pernah menjajal bermain bersama Pelita Bandung Raya dan Persiram Raja Ampat hingga Barito Putera.

Ketika memasuki era Liga 1, Leonard Tupamahu bergabung bersama Borneo FC. Setelah itu, ia bergabung bersama Bali United pada 2019 dan membawa Serdadu Tridatu menjadi juara.

Sumber: Youtube Bali United

Video Populer

Foto Populer