Hasil Rapat dengan FIFA, PSSI Pastikan Jadwal Piala Dunia U-20 2021 Tidak Berubah

Oleh Muhammad Adiyaksa pada 06 Jun 2020, 16:15 WIB
Diperbarui 06 Jun 2020, 16:19 WIB
Logo Piala Dunia U-20 Indonesia 2021
Logo Piala Dunia U-20 Indonesia 2021 (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - PSSI kembali menggelar rapat dengan FIFA untuk membahas persiapan Piala Dunia U-20 2021. Turnamen tersebut dipastikan tidak akan ditunda meskipun saat ini pandemi virus corona masih mewabah.

Rapat antara PSSI dengan FIFA berlangsung pada 2 dan 5 Juni 2020. Induk sepak bola Indonesia itu menyampaikan laporan terkait perkembangan dan kegiatan bisnis.

FIFA mengutus Christian Schmolzer, Men’s Tournament Manager FIFA dan Head of Youth Tournament FIFA, Roberto Grassi dalam pertemuan secara virtual dengan PSSI.

"Ini merupakan rapat berkala yang rutin kami lakukan untuk menyampaikan berbagai perkembangan persiapan Piala Dunia U-20 2021," imbuh Maaike Ira Puspita, Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) PSSI, dinukil dari laman PSSI.

Pada rapat tersebut, FIFA meminta PSSI untuk membuat laporan berkala selama 16 bulan sebelum turnamen berlangsung dengan laporan tersebut dikirimkan dalam kurun waktu dua bulan sekali dan makin insentif mendekati pelaksanaan Piala Dunia U-20 2021 pada Mei tahun depan.

"Sejauh ini, jadwalnya tidak berubah. Masih 20 Mei-12 Juni 2021. Kami melaporkan kepada FIFA terkait persiapan berbagai bidang jelang pelaksanaan Piala Dunia U-20 2021, antara lain bidang manajemen proyek, komunikasi dan hubungan media, keuangan dan administrasi, pemasaran dan sponsor, perjalanan, transportasi dan logistic, keselamatan dan keamanan, pagelaran, kompetisi, wasit, media hak siar dan komunikasi," jelas Maaike Ira.

Ditambahkan Maaike Ira, dalam bekerja, PSSI tetap memperhatikan protokol kesehatan. Laporan disampaikan sesuai tenggat setiap periode yang ditetapkan FIFA.

2 dari 3 halaman

FIFA Merespons Positif

logo fifa
Logo FIFA. (AFP PHOTO / FABRICE COFFRINI)

FIFA merespons positif laporan dari PSSI terkait perkembangan Piala Dunia U-20 2021. FIFA berharap agar PSSI segera mengirimkan anggaran kegiatan dalam waktu dekat.

"Kami juga mengirimkan perkembangan dan melaporkan perkembangan situasi terkini di Indonesia kepada FIFA. Dan FIFA menyambut baik tentang laporan kami, selanjutnya mereka akan terus melakukan korespondensi dan rapat bersama PSSI terkait persiapan Piala Dunia U-20 2021," terang Maaike Ira.

Sebelumnya, Ketua PSSI, Mochamad Iriawan juga telah menyampaikan perkembangan persiapan pelaksanaan Piala Dunia U-20 2021 kepada Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, pada 22 Mei 2020.

3 dari 3 halaman

Video

Lanjutkan Membaca ↓
Wawancara Elkan Baggott