Sukses


2 Bintang Timnas Indonesia U-19 Sambut Positif Rencana Regulasi Pemain U-20 di Liga 1 demi Piala Dunia

Bola.com, Jakarta - PSSI tengah mempertimbangkan masukan dari Asosiasi Pelatih Sepak Bola Seluruh Indonesia (APSSI) yang meminta pemberlakuan aturan baru jika Shopee Liga 1 dan Liga 2 dilanjutkan. Nantinya, setiap tim diharuskan memainkan pemain di bawah 20 tahun (U-20) demi kepentingan Piala Dunia U-20 2021.

Rencana ini mendapatkan sambutan positif dari dua bintang Timnas Indonesia U-19, Sutan Zico dan Bagas Kaffa. Penerapan aturan ini diharapkan dapat menambah pengalaman dan jam terbang bagi para pemain U-20.

"Saya setuju jika memang adanya regulasi ini. Menurut saya ini akan membuat pengalaman bermain kami bertambah. Selain itu bermain dengan senior pasti membuat kemampuan kami berkembang," ujar Zico.

"Menurut saya, bagus kalau ada regulasi seperti itu. Tapi yang saya lihat memang, saat ini, di Shopee Liga 1, sudah ada tim yang memakai pemain junior, ada juga yang belum," imbuh Bagas, dinukil dari laman Barito Putera.

Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Yunus Nusi mengatakan bahwa aturan pemain U-20 di Shopee Liga 1 dan Liga 2 tengah dirumuskan oleh pihaknya. Kajian tersebut dipimpin oleh Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri.

"Mengenai masukan itu, Direktur Teknik PSSI sedang mengkajinya. Dalam hal itu, kami juga melibatkan APSSI," jelas Yunus dilansir dari Antara.

Saksikan Video Pilihan Kami:

2 dari 2 halaman

Demi Piala Dunia U-20 2021

Di sisi lain, Indra Sjafri juga menekankan pentingnya untuk melanjutkan kompetisi demi Piala Dunia U-20 2021. Dengan begitu, para pemain yang tidak mengikuti pemusatan latihan (training centre) bersama Timnas Indonesia U-19 bisa bertanding di Shopee Liga 1 dan Liga 2.

"Buat kepentingan Timnas Indonesia U-20 adalah saat pemain tidak ikut pemusatan latihan, mereka bisa berkompetisi di Shopee Liga 1 dan Liga 2. Karena rata-rata pemain sudah memiliki klub," ujar Indra Sjafri disadur dari laman PSSI.

"Kalau pun pemusatan latihan berlangsung yang biasanya pemain dipanggil hanya sekitar 23 hingga 30 orang. Sementara pemain yang tidak terpanggil pemusatan latihan, mereka tetap terasah lewat kompetisi," ucap Indra Sjafri.

Video Populer

Foto Populer