Sukses


5 Periode Clean Sheet Paling Lama dalam Sejarah Premier League

Bola.com, Jakarta - Premier League merupakan kompetisi yang paling kompetitif di dunia. Tak mudah bagi seorang kiper terus berkarier kompetitif di kompetisi teratas Inggris tersebut.

Permainan cepat yang tersaji di Premier League membuat sering menghadirkan pertandingan dengan banyak gol. Maka hampir jarang tim yang mampu mencatatkan banyak jumlah tak kebobolan di Premier League.

Namun, ada beberapa kiper yang membela tim elite Premier League pernah melakukannya. Dalam semusim, gawang yang dikawal mereka mampu terhindar dari kebobolan lebih dari lima pertandingan.

Di Premier League, jumlah tersebut merupakan pencapaian yang luar biasa. Mengingat ketatnya persaingan antartim dan kualitas permainan yang tak terlalu jomplang.

Penampilan apik para kiper di bawah mistar gawang berdampak langsung pada pencapaian klub. Tak jarang, kiper yang mencatatkan periode clean sheet terlama di Premier League membantu timnya meraih gelar pada akhir musim.

Bola.com mengumpulkan para kiper-kiper tangguh di Premier League. Berikut ini adalah deretan kiper yang mampu menjaga kesucian gawangnya dalam periode panjang dalam sejarah Premier League versi Squawka.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 6 halaman

5. Paul Jones (Southampton)

Paul Jones berhasil mencatatkan rekor clean sheets di Premier League ketika membela Southampton pada 2000-2001. Ketika itu, kiper asal Wales berhasil menjaga kesucian gawangnya dalam tujuh pertandingan.

Gawang Southampton kawalan Paul Jones tak kebobolan mulai 13 Januari 2001 sampai 17 Maret 2001. Gawang Paul Jones akhirnya kebobolan pada 2 April 2001.

Tak tanggung-tanggung, ketika itu Paul Jones kebobolan tiga kali. Adalah Marcus Stewart yang mencetak tiga gol untuk Ipwich Town.

Namun, pada akhir musim Southampton gagal finis di papan atas klasemen. The Saints finis di peringkat ke-10 dengan raihan 52 poin.

3 dari 6 halaman

4. Alexander Manninger + David Seaman (Arsenal)

Arsenal pernah mencatatkan clean sheet terpanjang pada Premier League 1997-1998. Pencapaian itu ditorehkan Alexander Manninger dan David Seaman.

Sebanyak delapan pertandingan Arsenal mampu melaju tanpa kebobolan. Pencapaian itu dilakukan Alexander Manninger sebanyak enam laga dan David Seaman dua laga.

Arsenal tak kebobolan sejak 31 Januari 1998 sampai 31 Maret 1998. Penampilan apik kedua kiper tersebut mampu membantu Arsenal menjuarai Premier League.

Pada akhir musim, Arsenal finis di puncak dengan koleksi 78 poin. Klub asuhan Arsene Wenger unggul satu angka dari Manchester United pada akhir musim Premier League 1997-1998.

4 dari 6 halaman

3. Pepe Reina (Liverpool)

Pepe Reina mencatatkan penampilan apik yakni dengan delapan laga tak kebobolan. Pencapaian itu diraih kiper asal Spanyol ketika menjaga jala Liverpool pada Premier League 2005-2006.

Pepe Reina mampu menjaga kesucian gawangnya sejak 29 Oktober 2005 sampai 31 Desember 2005. Gawang Pepe Reina akhirnya kebobolan pada 2 Januari 2006 oleh duo pemain Bolton Wanderers yakni Radhi Jaidi dan El-Hadji Diouf.

Pada akhir musim, Liverpool hanya mampu finis di posisi ketiga. Ketika itu, The Reds mengoleksi 82 poin atau selisih sembilan angka dari Chelsea yang jadi juara.

5 dari 6 halaman

2. Petr Cech (Chelsea)

Petr Cech menjadi kiper kedua yang mampu mencatatkan clean sheet terlama di Premier League. Kiper asal Ceska itu melakukannya pada musim 2004-2005 bersama Chelsea.

Ketika itu, Petr Cech berhasil tak kebobolan dalam 10 laga Premier League. Pencapaian itu dilakukan Cech sejak 27 November 2004 sampai 12 Febuari 2005.

Kesucian gawang Cech akhirnya terhenti pada 5 Maret 2005. Ketika itu, gawang Cech dibobol oleh penyerang Norwich City, Leon McKenzie melalui sundulan kepala.

Meski demikian, Chelsea pada akhir musim berhasil meraih gelar Premier League 2004-2005. Gelar itu menjadi yang perdana diraih The Blues sejak 1994-1995 alias 50 tahun.

6 dari 6 halaman

1. Edwin van der Sar

Edwin van der Sar menjadi kiper yang paling lama mempertahankan clean sheet di Premier League. Pencapaian itu diraih Van der Sar bersama Manchester United pada Premier League 2008-2009.

Ketika itu, Edwin van Der Sar mampu menjaga kesucian gawangnya dalam 14 pertandingan. Pencapaian itu dilakukan kiper asal Belanda mulai 11 Oktober 2008 sampai 18 Februari 2009.

Gawang Edwin van Der Sar akhirnya kebobolan pada 4 Maret 2009. Ketika itu, penyerang Newcastle United, Peter Lovenkrands, membobol gawang Van der Sar pada menit kesembilan.

Penampilan apik Van der Sar berdampak langsung pada Manchester United. Pada akhir musim, Setan Merah berhasil keluar sebagai juara Premier League dengan jumlah 90 poin.

Sumber: Squawka

Video Populer

Foto Populer