Sukses


Firman Utina Ungkap Koleksi Medali dan Trofi Paling Berkesan dalam Kariernya

Bola.com, Jakarta - Mantan kapten Timnas Indonesia, Firman Utina, mengoleksi hampir semua penghargaan yang pernah diraihnya, berupa medali dan trofi sepanjang bermain sepak bola. Namun, ada dua penghargaan yang paling berkesan untuknya.

Pertama adalah medali peringkat kedua Piala AFF 2010 yang diraih bersama Timnas Indonesia. Ketika itu, Firman Utina mencetak dua gol dan membantu Timnas Indonesia menembus final.

Namun, Timnas Indonesia kalah di final dari Malaysia dengan agregat 2-4 dan kembali gagal meraih gelar Piala AFF 2010. Selepas turnamen, muncul dugaan adanya kasus suap sehingga pemain sengaja mengalah dari Malaysia.

Namun, sampai saat ini tuduhan tersebut tidak terbukti. Firman Utina menyebut medali tersebut adalah bukti kerja keras dirinya dan pemain lainnya di Timnas Indonesia.

"Walaupun dicaci, dihina, namun mereka tidak tahu perjuangannya," kata Firman Utina dalam Channel Youtube Hamka Hamzah.

Adapun penghargaan kedua yang paling berkesan adalah trofi pemain terbaik Copa Indonesia 2005. Ketika itu, Firman Utina berhasil membantu Arema menjadi juara dan mencetak hattrick. Arema akhirnya mengalahkan Persija Jakarta dengan kemenangan 4-3.

"Saya harus bersyukur dan berterima kasih kepada beliau (Hamka Hamzah), bisa dilewati. Sehingga sebelum pensiun ada penghargaan juga," ucap Firman Utina yang disambut tawa oleh Hamka Hamzah.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 2 halaman

Gemilang Prestasi

Tak bisa dimungkiri, Firman Utina adalah pemain yang bergelimangan prestasi. Sepanjang kariernya, Firman Utina telah mampu meraih tiga gelar juara liga ketika membela Sriwijaya FC (2011-2012), Persib Bandung (2014), dan Bhayangkara FC (2017).

Selain itu, Firman Utina juga pernah meraih tiga gelar turnamen domestik yakni Copa Indonesia (2005 dan 2006) bersama Arema, kemudian Piala Presiden 2015 bersama Persib Bandung. Firman Utina kemudian memutuskan pensiun pada 2018 di Kalteng Putra.

Secara keseluruhan, Firman Utina telah tampil 355 kali untuk sejumlah klub Indonesia dan mencetak 29 gol. Adapun di level Timnas Indonesia, Firman Utina mengoleksi 57 caps medio 2001-2014 dan mencetak lima gol.

Sumber: Youtube Hamka Hamzah

Video Populer

Foto Populer