Sukses


Banyak Manfaatnya, Pelatih Persib Robert Rene Alberts Ingin Indonesia Tiru Liga Eropa

Bola.com, Jakarta - Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, berharap Shopee Liga 1 Indonesia 2020 bisa meniru langkah liga-liga di Eropa. Menurutnya, akan ada banyak keuntungan yang bisa diperoleh.

Bundesliga dan sejumlah liga lain di Eropa sudah memulai kompetisi usai terhenti akibat pandemi virus corona COVID-19. Liga 1 Indonesia 2020 dikabarkan bakal menyusul pada September mendatang.

Robert Rene Alberts menyatakan senang mengetahui wacana mengenai kelanjutan kompetisi Liga 1. Berkaca pada sepak bola di Eropa, ada banyak aspek yang bisa meraup keuntungan dari kembalinya kompetisi.

"Kita lihat di Eropa sana, semua senang karena kompetisi berlanjut lagi. Mulai dari pemain hingga beberapa bidang yang bisa mendapatkan sesuatu dari pertandingan sepakbola," ujar pelatih berkebangsaan Belanda ini.

Namun, ia menegaskan bahwa semua orang yang terlibat, mulai dari pemain, ofisial, hingga suporter harus menaati peraturan pemerintah, seperti social distancing, penggunaan masker, dan kewajiban-kewajiban lainnya.

"Tentunya saat ini pertandingan harus tanpa penonton dulu. Kita ikuti anjuran pemerintah agar social dan physical distancing demi menyetop penyebaran virus," katanya lagi.

"Di sana bisa menyaksikan pertandingan melalui televisi atau streaming. Tidak ada masalah, semua tetap senang," ujarnya seraya menegaskan harapannya agar Liga 1 dilanjutkan mesmi tanpa penonton.

 

Video

2 dari 2 halaman

Pentingnya Degradasi

Wacana kelanjutan kompetisi Shopee Liga 1 2020 yang rencananya digelar pada September 2020 akan tanpa ada degradasi. Pelatih Persib Bandung, Robert Alberts, menyebut degradasi merupakan hal yang sangat penting bagi klub agar tetap bisa memperjuangkan sesuatu dalam kompetisi.

"Selain berusaha menjadi tim pemuncak klasemen, ada tim juga yang menghindari jatuh ke dasar klasemen," ungkap Robert saat dihubungi Selasa (9/6/2020).

"Jadi harus ada sesuatu yang memacu mereka untuk berjuang naik ke Liga 1," ucap Robert.

"Pasalnya mereka harus pergi dari tempat mereka untuk waktu yang sangat panjang. Seperti yang saya katakan, ini hanya cara awal untuk memulai kompetisi karena saat nanti situasinya sudah bisa dikendalikan lagi, mungkin kami bisa kembali ke sistem liga yang normal," ungkap pelatih Persib Bandung itu.

Sumber: Persib.co.id

Video Populer

Foto Populer