Sukses


2 Pensiunan Jenderal TNI yang Juga Staf Iwan Bule Terpilih Menjadi Komisaris, Ini Penjelasan PT LIB

Bola.com, Jakarta - Dua purnawirawan jenderal yang juga staf Ketua PSSI, Mochamad Iriawan, yaitu Leo Siegers dan Andogo Wiradi, terpilih sebagai Komisaris PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Luar Biasa yang berlangsung Sabtu (13/6/2020).

Keduanya mengisi posisi yang ditinggalkan oleh Hasani Abdulgani dan Hakim Putratama yang mundur sebagai Komisaris PT LIB pada RUPS Luar Biasa sebelumnya, 18 Mei 2020.

Bagi Leo dan Andogo, posisi ini merupakan jabatan baru kedua dalam sebulan terakhir. Sebelumnya, keduanya diangkat sebagai staf khusus Iwan Bule, panggilan Iriawan, pada 28 Mei 2020.

Direktur Operasional PT LIB, Sudjarno mengatakan, penunjukkan dua pensiunan jenderal sekaligus staf khusus Iwan Bule tersebut telah melalui prosedur yang ditetapkan. PSSI, katanya, adalah pihak yang berhak untuk mencari calon kandidat direksi dan komisaris terhadap perusahaan yang menjalankan roda kompetisi tersebut.

"Kalau soal itu, sudah berdasarkan seleksi internal di PSSI. Kami di PT LIB ini hanya diberikan mandat untuk menyelenggarakan RUPS," ujar Sudjarno ketika dihubungi Bola.com, Sabtu (13/6/2020).

"Kemudian terkait seleksi calon-calon direksi PT LIB, PSSI secara internal sudah melakukan seleksi. Dan hasilnya diajukan dan dibawa ke RUPS PT LIB," terang pensiunan jenderal polisi dengan pangkat terakhir Irjen Pol. itu.

Video

2 dari 3 halaman

Kewenangan Mutlak PSSI

Menurut Sudjarno, PSSI adalah pemegang saham Kelas A di PT LIB. Berdasarkan Pasal 5 Anggaran Dasar Perseroan Terbatas, induk olahraga Indonesia tersebut memiliki wewenang penuh dalam mencari dan menjaring calon direksi PT LIB.

Sederhananya, PSSI yang menyiapkan kandidat direksi PT LIB, lalu dibawa ke RUPS PT LIB untuk disetujui oleh para pemegang saham yang meliputi 18 klub Liga 1 dan PSSI.

"PSSI selaku pemegang saham Kelas A, mereka berhak untuk mengajukan calon direksi dan calon komisaris. Sesuai dengan Pasal 5 Anggaran Dasar Perseroan Terbatas, PSSI berhak dengan jal tersebut sesuai mekanisme seleksi mereka. Itu yang dikirim ke RUPS," imbuh Sudjarno.

"PT LIB bukan kapasitas dalam mencari calon. Yang mencari calon itu PSSI dengan teknik mereka secara internal, seleksi internal, dan didapat hasil calon-calon yang ada di RUPS," tuturnya.

3 dari 3 halaman

Susunan Direksi PT LIB Setelah RUPS Luar Biasa Sabtu (13/6/2020)

Direktur Utama: Akhmad Hadian Lukita

Direktur Operasional: Sudjarno

Direktur Keuangan: Anthony Chandra Kartawiria

Komisaris Utama: Juni Rachman

Komisaris:

1. Ferry Paulus

2. Endri Erawan

3. Munafri Arifuddin

4. Leo Siegers

5. Andogo Wiradi

Video Populer

Foto Populer