Sukses


Persib dalam Angka: Klub Terpopuler di Indonesia

Bola.com, Jakarta - Aman untuk menganggap bahwa Persib Bandung adalah tim terpopuler di Indonesia saat ini. Pamor kesebelasan berjulukan Pangeran Biru itu meroket setelah menjuarai Indonesia Super League (ISL) 2014.

Persib Bandung begitu kondang di Tanah Air. Saat bermain di kandang, bobotoh, sebutan untuk suporter Pangeran Biru, sering memenuhi stadion.

Ketika bermain tandang, bobotoh juga tidak akan membiarkan Persib bertanding sendirian.

Bersama Persija Jakarta, PSIM Yogyakarta, Persis Solo, PSM Madiun, PPSM Magelang, dan Persebaya Surabaya, Persib menggagas PSSI. Induk sepak bola di Indonesia tersebut lahir pada 19 April 1930.

Sejarah mencatat, Persib telah tujuh kali mengangkat trofi Liga Indonesia. Yang pertama pada 1937 silam. Yang terakhir pada 2014 lalu.

Raihan tujuh gelar juara Liga Indonesia mengantar Persib sebagai klub tersukses kedua di Tanah Air. Pangeran Biru hanya tertinggal dari Persija yang meraup empat trofi lebih banyak.

Berikut angka-angka yang menemani perjuangan Persib Bandung di Liga Indonesia:

Video

2 dari 6 halaman

4.200.000

Jumlah pengikut Persib Bandung di media sosial Instagram hingga Sabtu (13/6/2020) pukul 17.00 WIB. Dengan 4,2 juta followers, Pangeran Biru menjadi klub dengan pengikut terbanyak di Indonesia.

3 dari 6 halaman

1933

Tahun lahir Persib. Tepatnya pada 14 Maret 1933. Pangeran Biru berdiri setelah dua klub, Persatuan Sepak Bola Indonesia Bandung (PSIB) dan National Voetball Bond (NVB) melebur menjadi Persib.

4 dari 6 halaman

10

Jumlah pelatih Persib dalam sepuluh tahun terakhir. Mulai dari Darko Janackovic hingga Robert Alberts.

5 dari 6 halaman

11

Sudah 11 tahun Persib tidak pernah mengorbitkan pemain tersubur di Liga Indonesia. Cristian Gonzales menjadi pemain Pangeran Biru terakhir yang meraih sepatu emas pada 2008-2009 dengan 28 gol bersama penyerang Persipura Jayapura, Boaz Solossa.

6 dari 6 halaman

1979

Tahun Persib degradasi ke Divisi 1. Pangeran Biru gagal lolos ke Divisi Utama Perserikatan untuk musim 1980.

Video Populer

Foto Populer