Sukses


Wejangan Ramdani Lestaluhu untuk Pemain Akademi Persija: Jangan Minder

Bola.com, Jakarta - Winger Persija Jakarta, Ramdani Lestaluhu, memiliki wejangan untuk pemain muda akademi Tim Macan Kemayoran. Menurut Ramdani, pemain muda tak perlu minder dengan pesepak bola senior, selama memiliki kualitas dan mampu berkontribusi untuk tim.

Ramdani merupakan pemain jebolan Diklat Ragunan. Tampil gemilang bersama Diklat Ragunan, pemain berusia 28 tahun tersebut mendapatkan tawaran untuk memperkuat Persija Jakarta.

Dia pun akhirnya bergabung ke Persija pada 2007. Membela klub sebesar Persija Jakarta dalam usia yang belum genap 16 tahun, Ramdani Lestaluhu mampu memperlihatkan penampilan terbaiknya.

Dia tak gentar bersaing dengan sejumlah pemain senior, demi menghuni skuat inti Tim Macan Kemayoran. Memiliki tubuh yang kecil dan berstatus pemain muda, Ramdani mampu beberapa kali mencetak gol dan assist yang membawa dampak positif untuk Persija Jakarta.

"Ketika kita sebagai pemain muda bergabung ke tim senior, dan kita minder, itu adalah satu kesalahan yang fatal. Sebagai pesepak bola muda, perasaan minder bukan membuat kita bangkit justru bakal semakin jatuh," ujar Ramdani ketika menjawab pertanyaan pemain akademi Persija, Figo Sapta, di chanel YouTube Tim Macan Kemayoran.

"Ketika abang memperkuat tim senior abang berpikir sudah berada di tim senior, dan tidak mungkin Persija memanggil kalau saya tidak memiliki kualitas. Saya yakin memiliki kualitas, jadi dengan memiliki kualitas saya harus percaya diri," lanjutnya.

"Walaupun di Persija banyak pemain bintang, saya harus percaya kalau saya memiliki kemampuan. Ketika latihan dan pertandingan, saya tidak berpikir ini pemain A atau ini pemain B. Saya berpikir bagaimana saya bisa mengeluarkan kemampuan pada latihan ataupun pertandingan. Di situ membuat abang menjadi tambah percaya diri," ujar Ramdani Lestaluhu.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 2 halaman

Tetap Hormati Pemain Senior

Meski begitu, Ramdani menyebut pemain muda harus tetap menghormati pemain senior ketika berada di luar lapangan. Namun di dalam lapangan, setiap pemain harus bersikap profesional.

"Tidak perlu kita sebagai pemain muda merasa minder dengan pemain-pemain senior. Di luar lapangan kita tetap menghargai senioritas, namun di dalam lapangan kita harus profesional bekerja," kata Ramdani.

"Sepak bola tidak menuntut senioritas, sepak bola menuntu bagaimana kita bisa tampil dengan baik di lapangan," imbuh pesepak bola asal Tulehu, Maluku tersebut.

Sumber: YouTube Persija

Video Populer

Foto Populer