Sukses


Jalani Tes Swab, 2 Pemain Arema FC Negatif Virus Corona

Bola.com, Malang - Kabar gembira menyapa Arema FC. Dua pemain klub berjuluk Singo Edan tersebut, yang sebelumnya mendapat hasil reaktif saat rapid tes, dipastikan negatif virus corona. 

Kedua pemain Arema FC itu dinyatakan tak terpapar virus corona setelah menjalani tes swab. Namun, tidak disebutkan secara mendetail nama dua pemain yang menjalani tes swab tersebut. 

Hasil swab test atau tes usap dua pemain tersebut keluar pada Senin (15/6/2020). Sebelumnya, mereka sudah menjalani tes tersebut di salah satu rumah sakit swasta di Kota Malang, pada pekan lalu.

"Hasilnya sudah keluar Senin (15/6/2020) pagi ini. Keduanya negatif," ujar Asisten Dokter Arema FC, Syeh Alfin Abdillah. 

Sebelumnya, dua pemain Arema FC mendapat hasil reaktif kala melakukan rapid test, beberapa waktu lalu. Hal ini berdasar informasi yang didapat wartawan, Kamis (4/6/2020).

Menurut informasi tersebut, ada dua pemain dan seorang pelatih Arema yang melakukan rapid test beberapa waktu lalu. Tiga orang ini melakukan rapid test atas inisiatif pribadi. Mereka berencana menggunakan hasil rapid test ini untuk melengkapi dokumen yang diperlukan untuk bepergian ke daerah lain.

Hasilnya, dari tes tersebut, dua penggawa Arema ini reaktif. Sementara, hasil sang pelatih nonreaktif.

Sebagai tindak lanjut dari hasil tes ini, kedua pemain Arema FC tersebut menjalani swab test. Test ini untuk memastikan apakah munculnya antibodi, yang memicu hasil reaktif pada rapid test, merupakan dampak dari adanya virus corona di tubuh dua pemain tersebut.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

2 dari 2 halaman

Tak Perlu Panik

Sementara itu, dokter tim Arema, dr. Nanang Tri Wahyudi Sp.KO, menyebut hasil reaktif pada rapid test tak perlu disikapi berlebihan, apalagi sampai panik. Jika pernah terpapar, tubuh akan memproduksi antibodi, yang akan bertahan beberapa waktu.

"Jadi, kendati virusnya sudah mati, hasil rapid bisa tetap positif," tutur dr. Nanang, Senin (15/6/2020).

Lebih lanjut, dr. Nanang menyebut swab test yang dijalani dua pemain ini merupakan tahap terakhir dari pengecekan kondisi mereka. Setelah ini, tidak ada rencana untuk mengulang swab test.

"ENggak ada rencana untuk mengulang. Setahu saya, yang perlu diulang itu adalah yang hasil swab test-nya positif," imbuhnya.

Kendati dua pemainnya dipastikan tak terpapar virus Corona, dr. Nanang tetap mengingatkan semua pihak untuk tetap waspada. Ia berharap semua pihak bisa mengambil pelajaran dari hasil reaktif dari rapid test yang didapat dua pemainnya tersebut.

"Ini kan bukti bahwa atlet, yang notabene berada dalam kondisi fit, tetap bisa terkena virus juga," kata dr. Nanang.

"Jadi, semua tetap harus waspada. Jaga jarak, jaga kebersihan, dan selalu memakai masker kalau keluar rumah," tandasnya.

Disadur dar: Bola.net (Penulis Dendy Gandakusumah/Editor Gia Yuda Pradana, published: 15/6/2020)

Video Populer

Foto Populer