Sukses


Bocoran Penerapan New Normal di Liga 1, Ada Aturan Rapid Test hingga Jumlah Orang di Stadion

Bola.com, Jakarta - PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) semakin mantap melanjutkan kompetisi Liga 1 2020 dan Liga 2 2020. Kesiapan itu terlihat dari beredarnya bocoran panduan penerapan New Normal di sepak bola Indonesia.

Draf yang diberi judul 'Buku Panduan Protokol Kesehatan Sepak Bola Indonesia di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru Covid-19' itu diterima Bola.com pada Senin (15/6/2020). Panduan itu diketahui disusun oleh petinggi PSSI dan Tim Medis PSSI yang diketuai dr. Syarif Alwi.

Panduan setebal 36 halaman itu berisi tentang tata cara pelaksaan New Normal dalam sepak bola Indonesia. Dalam draf itu diatur penerapan protokol kesehatan buat para pemain, pelatih, offisial yang terlibat dari pertandingan mulai dari latihan, pertandingan, hingga setelah laga.

Pada bab Panduan Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 untuk Klub Sepak Bola, terdapat beberapa poin yang wajib dilakukan klub sebelum bertanding. Contohnya adalah pemberlakukan rapid test setiap pekan.

"Setiap klub melakukan pemeriksaan rapid tes COVID-19 sebanyak 7-10 hari sekali setiap minggunya. Pemeriksaan dilakukan kepada para pemain dan ofisial tim," bunyi panduan tersebut.

Selain itu, seluruh pihak yang terlibat juga diwajibkan menggunakan masker. Klub juga wajib melakukan pengukuran suhu tubuh setiap hari terhadap anggota tim.

"Mewajibkan seluruh pemain dan ofisial tim menggunakan masker di lingkungan tempat latihan. Selama perjalanan dari dan ke tempat latihan serta keluar tempat latihan," jelas panduan tersebut.

"Melakukan pengukuran suhu tubuh setiap hari untuk seluruh pemain dan ofisial tim. Jika ditemukan ada peningkatan suhu tubuh lebih dari 38 derajat celcius dan terdapat gejala seperti batuk, pilek, nyeri telan, sesuai gejala Covid-19 maka yang bersangkutan tidak diperbolehkan mengikuti latihan," tegas panduan tersebut.

Para pemain dan bagian dari tim akan melakukan dua kali rapid test sebelum bertanding. Pertama akan dilakukan tiga hari sebelum bertanding dan rapid test kedua dilakukan H-1 jelang pertandingan Liga 1 2020 dan Liga 2 2020.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 2 halaman

Pembatasan Kerumunan

PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) juga memberlakukan pembatasan kerumunan dalam stadion. Dalam satu pertandingan Liga 1 2020 dan Liga 2 2020, hanya 272 orang yang diperbolehkan berada di area stadion.

Jumlah tersebut dibagi menjadi tiga zona yakni area lapangan tengah, tribune, dan luar stadion. Semua orang yang akan masuk dan keluar stadion akan diukur suhu tubuh menggunakan thermal gun.

Selain itu, semua orang yang berada di stadion harus menggunakan masker. Untuk orang yang ingin memasuki zona satu dan dua wajib menunjukkan surat keterangan sehat bebas Covid-19.

Video Populer

Foto Populer