Sukses


Aji Santoso Ungkap Penyebab Tidak Pernah Bela Persija dan Persib

Bola.com, Jakarta - Saat masih aktif menjadi pemain profesional, Aji Santoso tak pernah berkarier di dua klub besar Indonesia, Persib Bandung dan Persija Jakarta.

Pria kelahiran Malang itu hanya pernah membela Arema (1987-1995), Persebaya Surabaya (1995-1999), PSM Makassar (1999-2000), Persema (2001), dan terakhir Persela Lamongan (2002-2004).

Bersama Persebaya, Aji yang saat itu menyandang ban kapten berhasil meraih titel juara. Begitupun saat bersama PSM Makassar, Aji meraih trofi pada musim 1999-2000.

Aji mengungkapkan alasannya kenapa tidak pernah membela Perisb dan Persija. Padahal, pada masanya, Aji masuk jajaran pemain bintang berlabel Timnas Indonesia dan banyak diminati klub-klub besar.

"Betul, selama saya berkarier sebagai pemain, dua tim yaitu Persija dan Persib tak pernah saya bela. Untuk Persija, sebenarnya saya tahun 1999 sudah bergabung latihan. Namun, negosiasinya alot sekali padahal saya sudah berlatih bersama tim," kata Aji Santoso kepada Bola.com, Senin (15/06/2020).

Setelah beberapa hari menunggu, kesepakatan dengan Persija tidak kunjung datang. Ketika galau, tiba-tiba manajemen PSM datang menemuinya dan menawarkan untuk bergabung.

PSM, menurut Aji Santoso serius menginginkan jasanya. Keseriusan itu terlihat dari negosiasi yang berjalan lancar dan hanya memakan waktu satu malam. Tanpa pikir panjang, Aji pun menerima pinangan Juku Eja karena pada saat yang sama belum mendapatkan ikatan apapun dengan Persija.

Pilihan Aji sangat tepat, mengingat tahun itu Aji sukses juara bersama PSM.

Lalu, apa alasan Aji Santoso tak pernah bergabung dengan Persib Bandung? Simak penjelasannya di halaman berikutnya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

2 dari 2 halaman

Tak Pernah Dapat Tawaran

Persib Bandung, menurut Aji, tak pernah menawarkan kontrak hingga masa keemasannya sebagai pesepak bola habis.

Menurut Aji, Persib saat itu tak begitu tertarik dengan pemain dari luar Jawa Barat.

"Pada saat itu, Persib didominasi pemain-pemain lokal dan dekat dari Bandung. Memang ada satu atau dua pemain dari luar Bandung. Tapi, tidak seperti sekarang. Persib saat itu, lebih banyak memakai pemain dari daerahnya sendiri," kata Aji.

Video Populer

Foto Populer