Sukses


Demi Piala Dunia U-20 2021, Timnas Indonesia U-19 Disarankan Ikuti Kelanjutan Liga 1

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-19 disarankan mengikuti Liga 1 jika kompetisi kembali dilanjutkan. Tujuannya tak lain mematangkan persiapan demi Piala Dunia U-20 2021.

Usulan ini berasal dari pelatih Madura United, Rahmad Darmawan. Dibanding harus mengubah regulasi dengan menambahkan pemain U-20, lebih baik mengikutsertakan Timnas Indonesia U-19 untuk berkompetisi.

"Sebenarnya kalau melihat prinsipnya, saya setuju saja karena ini semua demi kebaikan Timnas Indonesia U-19," kata pelatih yang karib dipanggil RD tersebut, Selasa (16/5/2020). 

"Kami tahu PSSI berencana meniadakan degradasi pada musim ini. Saran saya sebaiknya Timnas Indonesia U-19 diikutkan saja sebagai peserta tamu di kompetisi lanjutan," imbuh RD.

Saat ini, status kompetisi tinggal menunggu ketuk palu dari PSSI. Pengumuman kelanjutan Liga 1 akan diputuskan pada rapat Komite Eksekutif (Exco) yang jadwalnya belum ditentukan.

Video

2 dari 2 halaman

Jangan Diintervensi

Regulasi pemain muda pernah diterapkan di Liga 1 musim 2017. Bedanya, tiga tahun lalu, setiap tim wajib memainkan tiga pemain U-23 sebagai starter minimal selama 45 menit.

Untuk musim ini, RD kurang sepakat dengan kebijakan pemain muda. Selain karena di tengah kompetisi, skuat Madura United juga telah terbentuk.

"Tapi kalau saya boleh memilih, karena ini merupakan kompetisi Liga 1, sebaiknya bebas dari intervensi aturan kelompok umur karena semua tim sudah mempersiapkan tim sebelum ada regulasi ini," terang mantan pelatih Persikabo ini.

Video Populer

Foto Populer