Sukses


Berawal dari Striker, Rezaldi Hehanussa Ungkap Kunci Kesuksesan Jadi Bek Kiri di Persija

Bola.com, Jakarta - Bek kiri Persija Jakarta, Rezaldi Hehanussa, boleh dibilang menjadi satu di antara beberapa bek sayap kiri terbaik yang ada di Indonesia. Sebagai pengawal sisi sayap lini pertahanan tim, baik bersama Persija maupun Timnas Indonesia, Rezaldi merupakan pemain yang sangat lengkap.

Pemain yang karib disapa Bule ini memang memiliki kualitas umpan, teknik, dan skill individu yang luar biasa. Tak hanya saat mengawal area pertahanan tim, Rezaldi kerap maju untuk membantu penyerangan. Bule sempat mencetak gol maupun memberikan assist untuk rekan setimnya di Persija Jakarta maupun Timnas Indonesia.

Namun, yang menarik ternyata bek kiri bukanlah posisi asli Rezaldi. Pemain yang kerap menggunakan nomor punggung 28 itu awalnya ternyata merupakan seorang striker. Kemampuannya menjadi mesin gol tak diragukan ketika memperkuat SSB ASIOP dan Villa 2000.

"Sebenarnya bek kiri bukanlah posisi bermain saya yang sebenarnya. Dari awal saya di SSB hingga ke Villa 2000, posisi saya adalah pemain depan. Saya sering mencetak gol," ujar Rezaldi Hehanussa seperti dilansir situs resmi Persija.

Perubahan posisi Rezaldi berawal ketika pindah ke Persitangsel, di mana ia berganti posisi bermain sebagai gelandang. Saat itu ada sosok penting yang mengubah posisinya dari ujung tombak ke pengawal lini tengah.

"Ada sosok pelatih di sana, namanya Pak Haji Solihin. Ia merupakan mantan asisten pelatih Benny Dollo di Persita yang mengubah posisi saya menjadi gelandang. Sejak itu, saya bermain di posisi gelandang," ungkap pemain yang berubah posisi lagi menjadi bek kiri, terutama sampai saat ini di Persija Jakarta.

 

 

Video

2 dari 2 halaman

Tak Mau Lagi Jadi Striker

Persija Jakarta memang menjadi awal petualangan Rezaldi Hehanussa di kancah teratas sepak bola Indonesia. Dari sini, pintu memperkuat Timnas Indonesia pun terbuka baginya.

Namun, yang menarik, bersama Macan Kemayoran, posisi Rezaldi kembali berubah. Ketika menjalani seleksi bersama Persija, Rezaldi sudah menempati posisi bek sayap, sebuah posisi yang akhirnya berbuah kesuksesan bagi dirinya.

Selain memberikan gelar juara Piala Presiden 2018 dan Liga 1 2018, Bule juga merengkuh tiga gelar individu. Tak hanya itu, Rezaldi makin cemerlang ketika dirinya membela Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2017 dan Asian Games 2019 hingga sekarang membela tim senior.

“Saat itu Pak Ferry melihat saya bermain di sebuah pertandingan dan saat itu saya sudah bermain di posisi bek kiri. Akhirnya saya ditawari menjalani seleksi di Persija dan masuk sebagai pemain di posisi ini. Hingga kini saya nyaman bermain di posisi ini dan tidak mau kembali ke posisi striker,” tutupnya.

Sumber: Persija

Video Populer

Foto Populer