Sukses


Kunci Nilmaizar Menyelamatkan Dua Tim dari Jurang Degradasi

Bola.com, Jakarta - Nilmaizar dalam dua tahun terakhir sempat menyelamatkan dua tim berbeda dari jurang degradasi, yakni PS Tira (Persikabo) pada Liga 1 2018 dan Persela Lamongan musim 2019.

Nilmaizar masuk  PS Tira setelah pelatih sebelumnya, Rudi Eka Priyambada mengundurkan diri. Nilmaizar gabung saat kompetisi memasuki pekan ke-11. Saat itu, tim berjulukan Laskar Loreng itu menempati posisi ke-14 dengan torehan 16 poin.

Setelah gabung, Nilmaizar langsung melakukan gebrakan. Nilmaizar akhirnya mampu menyelamatkan PS Tira dengan finis di urutan ke-16.

Mantan pelatih Timnas Indonesia itu rehat dari sepak bola karena mengikuti pencalonan legislatif untuk DPR-RI. Pelatih asal Payakumbuh itu  menangani Persela Lamongan pada pertengah putaran pertama Shopee Liga 1 2019. Nilmaizar menjadi pelatih Laskar Joko Tingkir setelah Aji Santoso mengundurkan diri.

Pada saat itu, Persela terjembab di peringkat ke-18. Mereka hanya meraih 2 poin dari lima pertandingan yang dilakoni.

Berbagai cara ia lakukan agar Persela bangkit, dengan pemain-pemain yang telah direkrut oleh pelatih lama.

"Yang jelas, saya yakin saja, jika kita bekerja keras maka  bisa meraih apa yang kita inginkan. Waktu masuk  PS Tira memang banyak pemain bagus, dan tinggal memompa semangat mereka saja," kata Nilmaizar kepada Bola.com, Senin (15/06/2020).

"Begitupun dengan Persela Lamongan,  pemain bagus juga. Tinggal bagaimana  membangun komunikasi dengan orang-orang yang sudah lebih dahulu berada di tim. Kita harus komunikasi dengan baik, agar tim bisa berbicara banyak di kompetisi," tambahnya.

2 dari 2 halaman

Ingin Berkarya Lagi

Pelatih yang pernah menukangi Semen Padang ini mengatakan, kondisi seperti itu bisa menimpa pelatih manapun. Kini, ia akan fokus meracik Laskar Joko Tingkir agar bisa masuk jajaran tim papan atas musim 2020.

"Semoga saja kondisi cepat normal, agar kompetisi segera bergulir kembali. Adanya wabah COVID-19, dampaknya dirasakan semua kalangan dari pelatih, pemain, klub, hingga masyarakat. Semoga kita bisa segera berkarya lagi," kata Nilmaizar.

Video Populer

Foto Populer