Sukses


Ketua Panpel Arema Anggap Stadion Kanjuruhan Lebih Mudah Jalankan Protokol Kesehatan

Bola.com, Malang - Panpel Arema FC mengaku siap kembali menggelar pertandingan Shopee Liga 1 2020. PSSI sudah memberikan sinyal kompetisi dilanjutkan pada September mendatang.

Dalam protokol kesehatan yang disusun PSSI, pertandingan kemungkinan digelar tanpa penonton. Panpel Arema sempat melakukan kalkulasi lebih hemat bermain di Stadion Kanjuruhan atau Stadion Gajayana.

Secara jarak, memang Stadion Gajayana lebih dekat lantaran di pusat Kota Malang. Sementara, Stadion Kanjuruhan, 45 menit dari Kota Malang. Namun, untuk penerapan protokol kesehatan, Ketua Panpel Arema, Abdul Haris menegaskan Stadion Kanjuruhan lebih diutamakan.

“Kalau dari segi lapangan, Kanjuruhan sudah pasti sangat siap karena perawatan intensif. Sementara segi lainnya, sudah disiapkan tempat cuci tangan, hand sanitizer dan alat pengukur suhu tubuh. Ada tempat karantina di depan stadion, yakni rusun atau wisma atlet. Kami juga berkomunikasi dengan gugus tugas COVID-19 Kabupaten Malang,” jelas Haris.

Selain itu, ada satu hal lain yang membuat Stadion Kanjuruhan lebih mudah menerapkan protokol kesehatan. Jika laga tanpa penonton, biasanya masih ada saja suporter Arema yang datang memberi dukungan dari luar stadion.

“Kalau di Kanjuruan mengontrol suporter yang datang di luar stadion bisa lebih mudah. Bisa juga pihak keamanan berjaga di pintu masuk area stadion untuk mengantisipasi penonton yang tetap ingin dukung dari luar stadion,” jelasnya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

2 dari 2 halaman

Gajayana Sulit Dipantau

Sementara, Stadion Gajayana, memang lebih sulit dipantau. Lokasinya di pinggir jalan raya pusat kota sehingga akan sulit mendeteksi atau membaut area sekitar stadion jadi streril. Sedangkan Kanjuruhan masih dikelilingi area parkir luas dan ada jarak dengan jalan raya.

“Saat pertandingan digelar tanpa penonton, yang jadi perhatian memang Aremania yang tetap datang dan berkumpul di luar stadion. Itu sudah pernah terjadi saat Arema dikenai sanksi main tanpa penonton. Kami akan komunikasi dengan pihak keamanan pastinya nanti,” tegasnya.

Masih belum ada keputusan apakah Aremania dilarang memberi dukungan meski dari luar stadion. Yang jelas, panpel berupaya menjalankan protokol kesehatan dengan baik. Intinya tidak ada penumpukan masa dalam jumlah besar di satu tempat. 

Video Populer

Foto Populer