Sukses


KONI Berharap PSSI Meningkatkan Kualitas Timnas Indonesia Agar Berprestasi

Bola.com, Jakarta - KONI menaruh harapan besar kepada PSSI di bawah kepemimpinan Mochamad Iriawan. Ketua Umum KONI, Marciano Norman, berharap PSSI bisa meningkatkan kualitas Timnas Indonesia demi meraih prestasi.

Timnas Indonesia memang sudah lama tidak meraih gelar bergengsi. Tim Merah Putih belum pernah meraih prestasi di turnamen internasional maupun multievent seperti SEA Games dan Asian Games. Bahkan prestasi terbaik terakhir kali diraih di SEA Games 1991 yang digelar di Filipina.

Marciano Norman menilai, sepak bola adalah cabang olahraga yang memiliki banyak penggemar sehingga menjadi perhatian khusus dari Pemerintah. Wajar bila Marciano Norman menyebut kebanggaan Indonesia belum lengkap tanpa adanya prestasi dari cabang olahraga sepak bola.

"Kepercayaan publik harus direbut. Pertama, lewat tata kelola organisasi sepak bola Indonesia lebih baik dan berikutnya lewat prestasi Timnas Indonesia," kata Marciano Norman seperti dikutip situs resmi PSSI, Rabu (17/6/2020).

"Saat Indonesia mengikuti kejuaraan multievent seperti SEA Games, Asian Games, sampai Olimpiade, kurang lengkap rasanya kalau cabang-cabang lain mendapat medali emas, akan tetapi prestasi serupa belum datang dari sepak bola. Kebanggaannya belum lengkap," tegas Marciano Norman.

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, mengucapkan terima kasih atas perhatian KONI terhadap sepak bola Indonesia. Pria yang akrab disapa Iwan Bule itu berjanji akan bekerja keras untuk bisa mengharumkan nama bangsa.

"Sebagai anak cabang olahraga di bawah KONI, kami siap bekerja keras mewujudkan harapan pemerintah dan masyarakat untuk memberikan prestasi terbaik pada dunia sepak bola kita," ucap Mochamad Iriawan yang terpilih jadi Ketua Umum PSSI pada November 2019.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 2 halaman

Dukung Kelanjutan Kompetisi

Ketua Umum KONI, Marciano Norman, juga mendukung penuh rencana PSSI untuk melanjutkan kompetisi sepak bola Indonesia. Marciano Norman berpendapat, kelanjutkan kompetisi bisa menjadi sinyal positif dalam kebangkitan bangsa usai pandemi virus corona.

PSSI menggulirkan rencana untuk melanjutkan kembali kompetisi musim 2020. Keputusan itu diambil untuk menyelamatkan citra Indonesia yang bakal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021.

Rencananya, kompetisi 2020 bakal digelar secara terpusat, yakni hanya di Jawa. Langkah itu dilakukan untuk memudahkan dalam menerapkan protokol kesehatan pada masa pandemi ini.

"Saya memahami pada masa pandemi COVID-19 ini, PSSI merupakan satu dari sejumlah induk cabang olahraga yang merasakan pukulan paling berat. Kebangkitan kompetisi sepak bola akan menjadi sinyal kebangkitan Indonesia di masa pandemi ini," kata Marciano Norman.

Sumber: PSSI

Video Populer

Foto Populer