Bek Persib Bandung Jajal Podcast, Ingin Berbagi Pengalaman dan Pemikiran

Oleh Erwin Snaz pada 17 Jun 2020, 19:30 WIB
Diperbarui 17 Jun 2020, 21:00 WIB
Zalnando
Pemain Persib Bandung, Zalnando. (Bola.com/Erwin Snaz)

Bola.com, Bandung - Podcast (siaran audio internet) belakangan semakin booming dan digemari, terutama di tengah pandemi COVID-19. Fenomena itu menjadi daya tarik tersendiri bagi bek sayap Persib Bandung, Zalnando.

Zalnando juga mulai bermain podcast hanya sekadar mengisi waktu luang karena kompetisi Liga 1 2020 sedang berhenti karena wabah virus corona.

"Ya, hanya mengisi waktu luang saja sambil belajar ngomong dan belajar nulis juga. Jadi untuk mengisi waktu luang dan lebih produktif. Apalagi sekarang banyak waktu luang di rumah," ucap Zalnando saat dihubungi Rabu (17/6/2020).

Zalnando mengaku tahu tentang podcast sejak 2017, tetapi baru bisa mencobanya sendiri sekarang. "Kemarin-kemarin karena sibuk dan memang untuk bikin podcast harus riset dan baca dulu," ungkap Zalnando.

Zalnando semakin tertarik karena sering mendengar podcast Iqbal Hariadi. Menurut dia, media podcast lebih enak karena tidak perlu memperlihatkan wajah. 

"Tujuan saya podcast lebih kepada sharing beberapa pengalaman yang saya alami saja, termasuk yang ada di lingkungan saya, dan soal prespektif saya, gitu saja," tutur pemain Persib Bandung itu. 

 

2 dari 2 halaman

Tekankan Pentingnya Pendidikan

Zalnando
Bek Persib Bandung, Zalnando. (Bola.com/Erwin Snaz)

Zalnando mengatakan banyak orang tidak mengetahui bagaimana sosoknya sebagai pribadi selain sebagai pemain Persib Bandung.

"Makanya saya sampaikan dari sudut pandang saya, kadang ada beberapa pemain bola yang tidak lihat pendidikan. Padahal pendidikan itu penting daripada main bola, meskipun ada yang meninggalkan pendidikan karena bola," tutur Zalnando.

"Saya juga ingin kasih tahu kalau pendidikan itu penting. Ada yang saking fokus main bola tapi pendidikan dilupakan. Itu yang saya ingin kasih tahu karena belajar harus jadi yang utama," ungkap Zalnando.

Lanjutkan Membaca ↓
Kiper Persita Tangerang, Annas Fitrianto Tetap Bugar Jelang Kembalinya Shopee Liga 1 2020