Sukses


Protokol Kesehatan Latihan Arema FC: Pemain Datang Lebih Awal, Minimalisasi Kontak Fisik

Bola.com, Malang - Arema FC sampai saat ini belum menentukan kapan latihan akan digelar kembali untuk menyongsong kembali bergulirnya kompetisi Liga 1 2020. Manajemen dan tim pelatih masih menunggu jadwal lanjutan Shopee Liga 1 yang rencananya diputar September mendatang.

Sembari menunggu, tim medis Arema FC lebih dulu bekerja. Mereka membuat protokol kesehatan internal. Dokter tim Arema, Nanang Tri Wahyudi, yang menyusun protokol tersebut untuk memagari semua yang terlibat dalam latihan dari virus corona.

“Saya membuat yang sederhana dan mudah dijalankan dengan tetap mengacu kepada referensinya. Jika sewaktu-waktu ada perkembangan tinggal direvisi,” kata mantan dokter timnas Indonesia U-23 ini.

Dalam protokol kesehatan internal Arema FC, pemain yang berasal dari zona merah penyebaran virus corona wajib datang lebih awal. Ada 2 opsi, yakni 14 hari sebelum latihan lalu menjalani karantina, atau 7 hari sebelum latihan tapi sudah membawa hasil tes raopid yang menunjukkan negatif corona.

Nantinya tetap pemain yang bersangkutan akan menjalani tes lagi sehari jelang latihan.

“Saya tidak masalah dengan protokol kesehatan yang sudah dibuat Arema. Itu demi kebaikan semua. Kemungkinan saya kembali 14 hari sebelum latihan. Biar merasa lebih aman dan tidak ada rasa waswas karena saya dari Padang yang juga masuk zona merah COVID-19,” kata Gitra Furton, bek Arema FC.

Video

2 dari 2 halaman

Bakal Ada Kebiasaan Baru

Selain itu, ada arahan dalam latihan nanti pemain harus meminimalisasi kontak fisik, seperti bersalaman dan pelukan. Padahal setiap kali Arema FC mengawali latihan, pelukan dan jabat tangan jadi hal yang selalu dilakukan.

Ini akan jadi kebiasaan baru nantinya. Kemungkinan besar, tos di akhir latihan yang jadi ciri khas tim Arema juga dihilangkan. Saat latihan, pemain juga dapat larangan meludah. Padahal itu biasa dilakukan pesepak bola untuk menghilangkan rasa tidak enak di tenggorokan saat berlatih.

Secara detail, protokol kesehatan internal Arema itu dibagi menjadi empat periode. Untuk periode pertama, pemain kembali ke klub. Selanjutnya, ada aturan pemain berangkat ke lokasi latihan. Kemudian juga ada aturan saat latihan dan pulang dari latihan.

Video Populer

Foto Populer