Kemenpora Klarifikasi Kabar Melarang Shin Tae-yong Bawa Timnas Indonesia U-19 ke Korsel

pada 20 Jun 2020, 22:15 WIB
Diperbarui 20 Jun 2020, 22:15 WIB
Gatot Dewa Broto
Sekretaris Kemenpora, Gatot Dewa Broto, saat berada di Gedung Kemenpora, Jakarta, Selasa (9/1/2018). Selain menjabat sesmenpora, pria asal Yogyakarta ini juga merupakan vice president II pada Asian Games 2018. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Jakarta - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) melalui Sesmenpora, Gatot S. Dewa Broto, mengeluarkan sejumlah klarifikasi. Satu di antaranya mengenai kabar yang menyebut Kemenpora melarang Shin Tae-yong membawa Timnas Indonesia U-19 ke Korea Selatan untuk pemusatan latihan.

Gatot, membantah kabar tersebut. Meski Kemenpora menyarankan agar TC Timnas Indonesia U-19 digelar di Tanah Air, ia menegaskan itu bukan berarti melarang TC di Negeri Ginseng.

"Plt Sekjen PSSI pernah menyampaikan informasi saat berkunjung ke Kemenpora bahwa Shin Tae-yong ingin membawa Timnas Indonesia U-19 ke Korea Selatan. Waktu itu jawaban Kemenpora: 'Jika bisa, lebih baik di Indonesia, tapi tidak menutup peluang diboyong ke Korea Selatan'," ujar Gatot.

"Perlu diluruskan bahwa Kemenpora tidak pernah melarang keinginan Shin Tae-yong. Hanya saja karena PSSI belum memberikan justifikasi alasan harus ke Korea Selatan, maka daripada menunggu lama, Kemenpora memutuskan silhkan jika Shin Tae-yong ingin memboyong ke Korea Selatan."

"Kemenpora tinggal menunggu justifikasinya, dan jika kesulitan mennyusun justifiksi jika sewaktu-waktu diaudit, Kemenpora akan membantu formulasinya," jelas Gatot.

 

2 dari 3 halaman

Mendukung Penuh Shin Tae-yong

Manajer pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong
Manajer pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, memantau latihan Timnas U-19 di Stadion Wibawa Mukti, Senin (13/1/2020). Pria asal Korsel ini menjadi supervisi untuk Timnas Indonesia senior, U-22, U-20, dan U-16. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Gatot pun menegaskan bahwa pemerintah, melalui Kemenpora, selalu mendukung kebijakan Shin Tae-yong selaku manajer pelatih Timnas Indonesia. Asalkan, demi kebaikan Timnas Indonesia U-19 di Piala Dunia U-20 2021 yang akan berlangsung di Tanah Air.

"Memang sejauh ini saya belum berkomunikasi langsung dengan Shin Tae-yong. Tapi, jika sewaktu-waktu komunikasi atau bertemu, akan disampaikan komitmen Kemenpora bahwa pemerintah Indonesia mendukung Shin Tae-yong dalam mempersiapkan Timnas Indonesia U-19," tuturnya.

"Sejauh memang tujuannya untuk peningkatan prestasi di Piala Dunia U-20, meningkatkan peringkat FIFA, dan mendorong prestasi dan lingkungan sepak bola Indonesia yang lebih baik," imbuh Gatot.

Sumber: Bola.net

Disadur dari: Bola.net (Fitri Apriani/Ari Prayoga, published 20/6/2020)

 

3 dari 3 halaman

Video

Lanjutkan Membaca ↓
Timnas Indonesia Gelar Latihan Perdana Dengan Protokol Kesehatan yang Ketat