VIDEO: 5 Komentar Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong yang Jadi Sorotan

Oleh Okie Prabhowo pada 21 Jun 2020, 14:10 WIB
Diperbarui 21 Jun 2020, 14:10 WIB

Bola.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, dikenal sebagai sosok yang tegas dan lugas saat melatih maupun ketika memberi komentar. Kini namanya mendapat perhatian setelah melakukan wawancara dengan media di Korea Selatan. Apa saja komentarnya yang pernah mendapat sorotan?

Shin Tae-yong ditunjuk sebagai pelatih Timnas Indonesia pada Desember 2020. Pelatih asal Korsel tersebut dipercaya menukangi Timnas Indonesia, baik senior maupun U-19, serta dipercaya sebagai manajer pelatih Timnas Indonesia semua level umur.

Target yang dibebani kepada Shin Tae-yong tak main-main. Untuk Timnas Indonesia, PSSI meminta Shin Tae-yong bisa memberikan gelar Piala AFF 2020. Adapun untuk Timnas Indonesia U-19, target yang diberikan tak kalah berat. Timnas Indonesia U-19 minimal bisa finis empat besar di Piala AFC U-19 2020 dan melangkah jauh di Piala Dunia U-20 2021.

Shin Tae-yong menyanggupi tantangan yang diberikan PSSI. Sejumlah program perencanaan dibuat untuk Timnas Indonesia senior dan Timnas U-19. Contohnya adalah pemusatan latihan secara periodik, bahkan hingga ke luar negeri. Namun, belakangan hal itu hanyalah cerita manis. Tae-yong, merasa kurang mendapat dukungan dari federasi.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, juga sempat membuat pernyataan terkait dengan beberapa hal yang terjadi di PSSI kepada media Korsel, news.joins.com. "PSSI sering berganti kepengurusan dan kebijakan. Sekretaris Jenderal, Ratu Tisha, yang punya kemampuan besar dan sangat disukai masyarakat tiba-tiba berhenti pada April," kata Shin Tae-yong pada Kamis (18/6/2020).