Format Piala AFF 2020 Dipastikan Tak Berubah, Keinginan Vietnam Jadi Tuan Rumah Sirna

Oleh Zulfirdaus Harahap pada 22 Jun 2020, 17:00 WIB
Diperbarui 22 Jun 2020, 17:00 WIB
Ha Duc Chinh
Ha Duc Chinh menjadi salah satu pemain Timnas Vietnam U-23 yang patut diwaspadai di Kualifikasi Piala AFC U-23 2020. (dok. Zing.vn)

Bola.com, Jakarta - Impian Vietnam untuk menjadi tuan rumah tunggal Piala AFF 2020 sirna. Media Vietnam, VN Express, mengabarkan Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF) mengonfirmasi tak mengubah format untuk edisi tahun ini.

Vietnam sebelumnya mengajukan diri untuk menjadi tuan rumah tunggal di Piala AFF 2020. Rencana itu diungkapkan karena Vietnam menilai negaranya sebagai tempat yang paling aman di ASEAN usai rampung bertempur dengan pandemi virus corona.

Akan tetapi, AFF mengonfirmasi Piala AFF 2020 tetap menggunakan format seperti edisi sebelumnya yakni tanpa tuan rumah tunggal. Artinya, setiap tim mendapatkan kesempatan bermain di kandang dan juga laga tandang.

Keputusan itu didapat setelah AFF melakukan pertemuan online dengan seluruh federasi sepak bola di ASEAN. Alasan AFF tak mengubah format Piala AFF mengacu pada Kualifikasi Piala Dunia 2020.

Pada event tersebut, FIFA tidak mengubah format pertandingan menjadi sesuai dengan jadwal yang telah ada. Meski demikian, AFF melakukan perubahan soal jumlah pemain.

Tim peserta Piala AFF 2020 diperbolehkan mendaftar 30 nama, atau lebih banyak tujuh pemain dari aturan sebelumnya. Selain itu, pada sebuah pertandingan tim diperbolehkan memasukkan 23 pemain, lebih tiga nama dari aturan biasa.

2 dari 3 halaman

Sesuai Jadwal

Timnas Indonesia Vs Timor Leste
Bek Timnas Indonesia, Gavin Kwan, bersama rekan-rekannya merayakan kemenangan atas Timor Leste pada laga Piala AFF 2018 di SUGBK, Jakarta, Selasa (13/11). Indonesia menang 3-1 atas Timor Leste. (Bola.com/M. Iqbal Ichsan)

Piala AFF 2020 juga dipastikan bakal digelar sesuai jadwal awal. Turnamen dua tahunan itu digelar pada 23 November sampai 31 Desember 2020.

Pengundian babak penyisihan Piala AFF bakal diselenggarakan pada Agustus 2020 di Vietnam. Diyakini pada edisi tahun ini masih akan melibatkan dua grup pada penyisihan.

Piala AFF 2020 menjadi edisi ke-13 sepanjang sejarah penyelenggaraan. Thailand masih menjadi tim paling sukses di ajang dua tahunan tersebut, sedangkan Vietnam berstatus juara bertahan.

Sumber: VN Express

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓
Kiper Persita Tangerang, Annas Fitrianto Tetap Bugar Jelang Kembalinya Shopee Liga 1 2020