Filipina Incar 8 Pemain Blasteran untuk Piala AFF 2020

Oleh Zulfirdaus Harahap pada 23 Jun 2020, 17:30 WIB
Diperbarui 23 Jun 2020, 17:30 WIB
Timnas Filipina, Piala AFF 2018
Para pemain Filipina saat merayakan gol ke gawang Singapura pada laga Grup B Piala AFF 2018. (AFF Suzuki Cup)

Bola.com, Manila - Filipina tak ingin main-main dalam mengikuti Piala AFF 2020. Pelatih Scott Cooper sudah mempersiapkan delapan pemain blasteran untuk memperkuat tim berjulukan The Azkals itu.

Filipina memang mengalami perkembangan signifikan di sepak bola Asia Tenggara. Hal itu terjadi setelah Filipina rajin menggunakan pemain blasteran di Piala AFF.

Kebijakan Pemerintah Filipina yang membebaskan warganya memiliki dua warga negara menjadi keuntungan. Filipina bisa memanggil pemain keturunan tanpa harus melepaskan kewarganegaraan yang sudah dimiliki.

Pada Piala AFF 2020, Filipina membidik delapan nama pemain keturunan. Mereka adalah Jesper Nyholm (Swedia-Filipina), Gerrit Holtmann (Filipina-Jermain), Raphael Obermair (Jerman-Filipina), Jessie Curran (Filipina-Australia), Jefferson Tabinas (Filipina-Ghana), Michael Kempter (Swiss-Filipina), Niko de Vera (Filipina-Amerika Serikat), dan Bernd Schipmann (Filipina-Jerman).

"Kami telah mempelajari kemampuan mereka. Namun, yang paling penting adalah keinginan mereka untuk bermain bersama Filipina," kata Scott Cooper seperti dikutip situs resmi AFF, Selasa (23/6/2020).

"Semua pemain ini dapat masuk daftar panggil dalam waktu dekat," ucap mantan pelatih Mitra Kukar itu.

Piala AFF 2020 direncanakan bergulir pada 23 November sampai 31 Desember 2020. Pengundian babak grup bakal berlangsung di Hanoi, Vietnam, pada Agustus mendatang.

2 dari 3 halaman

Perkembangan Signifikan

Timnas Indonesia Vs Filipina
Bek Timnas Indonesia, Hansamu Yama, melepaskan sundulan saat melawan Filipina pada laga Piala AFF 2018 di SUGBK, Jakarta, Minggu (25/11). Kedua negara bermain imbang 0-0. (Bola.com/M. Iqbal Ichsan)

Piala AFF 2020 bakal menjadi edisi ke-12 yang diikuti Filipina. Sejauh ini, Filipina mengalami peningkatan signifikan.

Filipina tercatat mampu melaju sampai semifinal sebanyak empat kali dalam lima edisi terakhir. Hal ini membuat Filipina tak lagi dipandang sebelah mata di Asia Tenggara.

Piala AFF 2020 menjadi momentum buat Filipina untuk meraih gelar perdana. Impian itu tak mustahil apalagi kekuatan Filipina bakal bertambah dengan kehadiran pemain keturunan di Piala AFF.

Sumber: AFF

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓
Kiper Persita Tangerang, Annas Fitrianto Tetap Bugar Jelang Kembalinya Shopee Liga 1 2020