Djanur Wanti-wanti Pemain Barito Putera untuk Jaga Kebugaran

Oleh Permana Kusumadijaya pada 24 Jun 2020, 12:45 WIB
Diperbarui 24 Jun 2020, 13:01 WIB
Liga 1 2019 : Persija Jakarta Vs Barito Putra
Pelatih Barito Putra, Djadjang Nurdjaman, saat melawan Persija Jakarta pada laga Liga 1 2019 di Stadion Patriot, Bekasi, Senin (23/9/2019). Persija menang 1-0 atas Barito Putra. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Bola.com, Jakarta - Pelatih Barito Putera, Djadjang Nurdjaman, mengingatkan anak asuhnya untuk konsisten menjaga kebugaran tubuh. Pasalnya, Shopee Liga 1 2020 kemungkinan besar bakal segera kembali bergulir.

Beberapa waktu lalu, PSSI mengumumkan kompetisi musim ini akan berlanjut pada awal Oktober mendatang. Keputusan tersebut diambil setelah PSSI melakukan beberapa kali rapat virtual dengan klub-klub kontestan.

Pada rapat Anggota Eksekutif (Exco) pekan lalu, PSSI mengeluarkan pernyataan resmi tentang kelanjutan kompetisi. Namun, PSSI belum bisa menetapkan tanggal pasti kembali digulirnya kompetisi.

Dengan Liga 1 2020 yang segera kembali berlanjut, tim-tim peserta akan mempersiapkan diri dengan sebaik mungkin. Djadjang Nurdjaman pun meminta pemain Barito Putera untuk terus menjaga kebugarannya.

"Saya sudah berpesan dan berharap kepada pemain Barito Putera untuk menjaga kebugaran agar tidak terlalu drop, dan pastinya harus siap untuk berlatih keras nanti," kata Djajang Nurjaman kepada Bola.com, Rabu (24/06/2020). 

Kabar gembira bagi Sahabat Bola.com yang berstatus penggila sepak bola dan gim FIFA 20. Saksikan keseruan acara BOLA Esports Challenge bersama Andritany Ardhiyasa dan Rezaldi Hehanusa, 25 - 26 Juni 2020. Caranya mudah, cukup KLIK TAUTAN INI ya.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Bola.com (@bolacomid) on

2 dari 4 halaman

Benahi Fisik Pemain

Djadjang Nurdjaman
Pelatih Barito Putera, Djadjang Nurdjaman tetap menjaga kondisi saat kompetisi vakum di Bandung. (Bola.com/Erwin Snaz)

Pelatih yang akrab dipanggil kang Djanur itu menegaskan, persoalan fisik pemain akan menjadi pekerjaan rumah bagi tim pelatih untuk segera dibenahi. Tidak ada aktivitas sepak bola selama tiga bulan diyakini menurunkan kebugaran sejumlah pemain Barito Putera.

Meski semua pemain melakukan latihan mandiri, Djanur mengakui tidak semua anak asuhnya bisa melakukan latihan maksimal karena keterbatasan fasilitas.

Pada saat Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) diberlakukan di beberapa kota di Indonesia akibat pandemi virus corona, fasilitas olahraga seperti lapangan pun ikut ditutup.

"Persoalan fisik menjadi hal pertama yang harus kami benahi. Kemudian kerjasama, feeling, dan itu butuh banyak uji coba karena hampir tiga bulan pemain tidak bertanding," ungkapnya.

 

3 dari 4 halaman

Belum Ada Tanggal Pasti Berkumpul

Djadjang Nurdjaman
Pelatih Persebaya, Djadjang Nurdjaman, punya jejak apik di Piala Presiden. (Bola.com/Aditya Wany)

Meski sudah menyiapkan program untuk latihan nanti, pelatih yang sukses membawa Persib juara pada 2014 itu mengakui hingga saat ini tim kepelatihan belum bisa memastikan kapan akan kembali berkumpul.

Saat ini, Barito Putera, kata Djanur masih menunggu kepastian dari PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) selaku operator kompetisi.

"Kepastiannya yang diterima klub dari PSSI kan belum ada. Jadi, kami menunggu dulu kepastian dari PSSI dan PT LIB. Kalau sudah resmi, kami baru akan merencanakan kapan harus berkumpul," Djanur mengakhiri pembicaraan.

4 dari 4 halaman

Saksikan video menarik di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓
Timnas Indonesia Gelar Latihan Perdana Dengan Protokol Kesehatan yang Ketat