Fakhri Husaini Mendapat Dukungan untuk Kembali Menangani Timnas Indonesia U-19

Oleh Zulfirdaus Harahap pada 24 Jun 2020, 15:45 WIB
Diperbarui 24 Jun 2020, 15:45 WIB
Timnas Indonesia U-19, Fakhri Husaini
Pelatih Timnas Indonesia U-19, Fakhri Husaini (Bola.com/Yoppy Renato)

Bola.com, Jakarta - Ketua Asosiasi Pelatih Sepak Bola Seluruh Indonesia (APSSI), Yeyen Tumena, menilai job desk yang dimiliki Shin Tae-yong terlalu banyak. Yeyen menyebut, sebaiknya Timnas Indonesia U-19 kembali dilatih Fakhri Husaini.

Nama Fakhri Husaini belakangan muncul setelah hubungan yang kurang harmonis antara PSSI dan Shin Tae-yong. Kedua pihak berselisih pendapat mengenai pemilihan tempat pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19.

Sosok Fakhri Husaini adalah pelatih yang berhasil membawa Timnas Indonesia U-19 lolos ke Piala AFC U-19 2020. Bahkan bersama para pemainnya yang ada di dalam tim tersebut, Fakhri berhasil meraih gelar juara Piala AFF U-16 2018 ketika mereka masih tergabung di Timnas Indonesia U-16.

PSSI diharapkan memberikan penghargaan dan tetap meneruskan karier Fakhri Husaini dalam memimpin Timnas Indonesia U-19, bukan menggantinya dengan sosok lain.

"Fakhri Husaini bukan pantas lagi, dia yang membentuk tim itu sampai lolos ke Piala AFC. Walaupun persiapannya kurang dari satu tahun," kata Yeyen Tumena kepada wartawan.

"Namun, saya melihat malah ketika ada anak bangsa yang sukses, tidak dihargai. Dia sukses tapi malah diganti posisinya," ucap Yeyen Tumena.

Fakhri Husaini saat ini kembali ke kesibukannya sebagai pegawai PT Pupuk Kaltim. Fakhri Husaini berada dalam bulan-bulan terakhir menjelang Masa Persiapan Pensiun (MPP) sebagai Manajer Corporate Social Responsibility (CSR) mulai Januari 2021.

 

Kabar gembira bagi Sahabat Bola.com yang berstatus penggila sepak bola dan gim FIFA 20. Saksikan keseruan acara BOLA Esports Challenge bersama Andritany Ardhiyasa dan Rezaldi Hehanusa, 25 - 26 Juni 2020. Caranya mudah, cukup KLIK TAUTAN INI ya.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Bola.com (@bolacomid) on

2 dari 3 halaman

Fokus Shin Tae-yong

Manajer pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong
Manajer pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, memantau latihan Timnas U-19 di Stadion Wibawa Mukti, Senin (13/1/2020). Pria asal Korsel ini menjadi supervisi untuk Timnas Indonesia senior, U-22, U-20, dan U-16. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Jika Fakhri Husaini kembali ke Timnas Indonesia U-19, Yeyen menilai sebaiknya PSSI memilih fokus ke Shin Tae-yong di tim senior. Yeyen mendukung Shin Tae-yong fokus ke Timnas Indonesia yang akan berlaga di Kualifikasi Piala Dunia 2022 dan Piala AFF 2020.

Situasi itu dianggap ideal karena Piala AFC U-19 2020 jadwalnya yang berdekatan sehingga tak memungkinkan bisa fokus kepada dua tim nasional yang berbeda level usia. Setelah itu, baru Shin Tae-yong bisa fokus ke Piala Dunia U-20 2021.

"Nah, Shin Tae-yong ini harus fokus di Piala Dunia U-20 saja karena masih ada kualifikasi Piala Dunia 2022. Lalu, apakah bisa bersamaan dia pegang persiapan untuk Oktober dan November, kemudian Piala Asia U-19 main di bulan yang sama. Bagaimana membagi badannya?" ucap Yeyen Tumena.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓
Kiper Persita Tangerang, Annas Fitrianto Tetap Bugar Jelang Kembalinya Shopee Liga 1 2020