Sukses


Jika Ada Pramusim Jelang Kelanjutan Liga 1, Timnas Indonesia U-19 Disarankan Ikut Serta

Bola.com, Jakarta - Wacana adanya sebuah turnamen pramusim jelang bergulirnya kembali Liga 1 2020 muncul. Sebuah ide dilontarkan oleh pelatih Persik Kediri, Joko Susilo, yang menganggap Timnas Indonesia U-19 bisa ikut serta sebagai bagian persiapan untuk Piala AFC U-19 2020 dan Piala Dunia U-20 2021.

Turnamen pramusim jelang kelanjutan Liga 1 2020 dianggap perlu agar tim-tim yang akan kembali berkompetisi bisa membangun kembali performa pemain dan kolektivitas tim yang mungkin hilang selama tiga bulan kompetisi terhenti karena pandemi COVID-19.

Meski masih menjadi wacana, turnamen pramusim itu dianggap menjadi sesuatu yang cukup penting. Bahkan pelatih Persik Kediri, Joko Susilo, merasa itu juga bisa dimanfaatkan oleh Timnas Indonesia U-19 yang tengah mempersiapkan diri untuk dua ajang internasional, yaitu Piala AFC U-19 2020 dan Piala Dunia U-20 2021.

"Saya rasa, jika memang nanti ada turnamen pramusim sebelum kompetisi berlanjut, Timnas U-19 bisa menjadi undangan," kata Joko Susilo, kepada Bola.net.

"Mereka bisa mendapat pengalaman bagus dalam turnamen ini, sekaligus melihat kekuatan dan kelemahan yang mereka miliki," sambungnya.

Menurut Joko, turnamen pramusim ini lebih cocok bagi Timnas U-19 untuk mengukur kemampuan ketimbang mereka harus mengikuti lanjutan kompetisi Liga 1 musim 2020.

Pelatih berlisensi AFC Pro ini menyebut akan sangat tak menguntungkan bagi Timnas Indonesia U-19 jika mereka ikut berkompetisi dalam lanjutan Liga 1 musim 2020.

"Tentu ada beda antara turnamen dan kompetisi. Persiapan dan pola pikirnya berbeda. Ini akan menjadi kesulitan," ujar Joko.

"Selain itu, akan sangat sulit untuk mengoreksi kekurangan yang ada dalam kompetisi. Bahkan, jika hasilnya tak bagus, hal ini justru akan mengganggu mental pemain," imbuhnya.

Sebelumnya, muncul sejumlah usul terkait persiapan Timnas Indonesia U-19 jelang berlaga di Piala Dunia U-20 pada Mei 2021 mendatang. Satu di antaranya, skuat besutan Shin Tae-yong ini diplot untuk bermain dalam lanjutan kompetisi Shopee Liga 1 2020 sebagai undangan.

 

Kabar gembira bagi Sahabat Bola.com yang berstatus penggila sepak bola dan gim FIFA 20. Saksikan keseruan acara BOLA Esports Challenge bersama Andritany Ardhiyasa dan Rezaldi Hehanusa, 25 - 26 Juni 2020. Caranya mudah, cukup KLIK TAUTAN INI ya.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Bola.com (@bolacomid) on

Video

2 dari 2 halaman

Menjajal Kekuatan di Luar Negeri

Lebih lanjut, Joko Susilo membeberkan ide lain soal persiapan Timnas Indonesia U-19. Menurut eks pelatih Arema FC tersebut, setelah mengikuti turnamen pramusim, skuat Garuda Muda bisa melanjutkan persiapan mereka di luar negeri.

"Menurut saya, yang paling tepat adalah tim ini berlatih di luar negeri," ucap Joko.

"Saya rasa, mereka bisa mendapat banyak manfaat dengan persiapan seperti ini," sambungnya.

Menurut Joko, dengan berlatih di luar negeri, para penggawa Timnas U-19 bisa mendapat banyak manfaat. Satu di antaranya, sambung pelatih berusia 49 tahun tersebut, adalah mendapat lawan dengan level di atas mereka.

"Di luar negeri mereka bisa mendapat lawan dengan level tinggi. Hal ini akan mengasah mereka," tutur Joko.

"Untuk rencana persiapan ini, saya sepakat dengan Coach Shin Tae-yong," ia menambahkan.

Sumber: Bola.net

Disadur dari: Bola.net (Dendy Gandakusumah/Serafin Unus Pasi, published 24/6/2020)

Video Populer

Foto Populer