Wawancara Rezaldi Hehanussa: RF Classic, Kehidupan sebagai Ayah, dan Bermain Layangan

Oleh Muhammad Adiyaksa pada 28 Jun 2020, 08:45 WIB
Diperbarui 28 Jun 2020, 08:45 WIB
Rezaldi Hehanussa
Wawancara Eksklusif - Rezaldi Hehanussa. (Bola.com/Dody Iryawan)

Bola.com, Jakarta - Seperti anak muda lainnya, hasrat untuk bermain gim tidak bisa dibendung oleh Rezaldi Hehanussa. Bek berusia 24 tahun ini mengaku menggemari Rising Force Online (RF) Classic, gim berbasis video daring.

Generasi 1990an yang banyak menghabiskan kesehariannya di warnet tentu tahu betapa serunya gim ini. RF Classic adalah gim online berbasis komputer dengan nuansa gabungan antara fantasi dan masa depan yang dibumbui tema menarik.

Saat waktu senggangnya makin banyak karena pandemi virus corona ini, Rezaldi Hehanussa memanfaatkan waktunya untuk bermain RF Classic. Pemain berusia 24 tahun itu bahkan sampai membuat channel YouTube bernama R28 Hehanussa untuk menyalurkan hobinya.

Beda dengan YouTubers lainnya dari kalangan sepak bola, Rezaldi tidak memilih tema talkshow sebagai konten di channelnya. Bek yang karib dipanggil Bule ini mantap menekuni live streaming gaming.

Dunia gim Rezaldi Hehanussa tidak sebatas berbasis komputer. Saat kecil dulu, Bule juga kerap bermain gim Winning Eleven di PlayStation (PS) 1.

Dipilih sebagai perwakilan dari Persija Jakarta pada turnamen esports bertajuk BOLA Esports Challenge yang memainkan gim FIFA 20 di PlayStation (PS) 4, Rezaldi tidak berdaya. Sebabnya, Bule lebih ahli dalam mengutak-atik taktik di RF Classic.

Bola.com berkesempatan mewawancarai Rezaldi Hehanussa saat mengunjungi Kantor KapanLagi Youniverse (KLY), Jakarta, Jumat (26/6/2020). Berikut petikan pembicaraannya.

2 dari 4 halaman

Si Maniak Gim

Andritany Ardhiyasa Juara BOLA Esports Challenge
Pemain Persija Jakarta, Rezaldi Hehanussa, saat bermain FIFA 20 di Kantor KLY, Gondangdia, Jumat (26/6/2020). Andritany berhasil menjadi juara BOLA Esports Challenge setelah mengalahkan Rizky Darmawan dengan skor 8-0. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Waktu kecil kamu sering bermain gim di PlayStation?

Paling waktu itu mengikuti dari PS 1 sampai PS 3. Itu yang paling sering. Saat di PS 4 sudah jarang bermain gim lagi. Awalnya bermain Winning Eleven sama Pro Evolution Soccer. Kalau FIFA jarang.

Saat beranjak dewasa, gim apa yang kamu mainkan?

RF Classic. Itu sudah sejak lama, dari saya sejak SMP. Tapi, tidak saya tekuni. Kalau Persija sudah latihan lagi, saya lepas itu semua. Jadi sudah benar-benar tidak bermain gim lagi. Fokus ke sepak bola.

Kenapa kamu suka bermain RF Classic?

Saya suka saja dengan gim petualang seperti itu. Bisa rusuh-rusuh.

Saat Work From Home seperti ini, kamu banting setir menjadi YouTubers, tapi beda konten dengan pemain lain. Kenapa?

Ingin beda saja. Kalau yang lain lebih ke podcast atau yang lain, kalau saya lebih ke live streaming gim. Suka seru-serunya saja.

3 dari 4 halaman

Kehidupan Baru Setelah Menikah

Andritany Ardhiyasa Juara BOLA Esports Challenge
Pemain Persija Jakarta, Andritany Ardhiyasa dan Rezaldi Hehanussa berpose di Kantor KLY, Gondangdia, Jumat (26/6/2020). Andritany berhasil menjadi juara BOLA Esports Challenge setelah mengalahkan Rizky Darmawan dengan skor 8-0. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Apa perbedaan yang kamu rasakan saat sebelum dan sesudah menikah?

Bedanya sekarang punya tanggung jawab lebih. Ada istri dan anak. Tanggung jawab sudah tidak buat diri sendiri lagi.

Kalau perbedaan setelah menjadi ayah?

Paling, misalnya, pulang latihan langsung fokus ke anak. Kalau dulu pulang latihan bisa santai sedikit di mes. Dan sekarang mungkin, selesai latihan pikiran langsung ke anak dan istri.

Saat ini anak kamu masih bayi, jadi sering bangun tengah malam?

Sering. Waktu awal-awal mungkin saat berusia 3-4 bulan masih suka bangun tengah malam. Cuma kalau sekarang, sudah mulai teratur tidurnya. Tidur pukul 20.00 WIB dan tidak terbangun tengah malam. Pagi baru bangun. Usianya sekarang mau sepuluh bulan.

Saat di rumah tidak ada kesibukan, biasanya aktivitas kamu apa lagi? Apa kamu juga mengikuti musim permainan anak-anak sekarang seperti bermain layangan?

Paling bermain layangan kalau tak ada kegiatan saat sore hari. Pasti ngadu dong. Tapi, bermain layangan tidak terlalu sering. Kalau lagi senggang saja.

Gaya rambut kamu berubah. Sekarang dicat. Apa maksudnya?

Iseng saja. Belum tahu apakah saat kompetisi dimulai akan kembali dihitamkan atau tidak. Ini bukan dicat. Ini di-bleaching. Kalau dicat bisa memakan waktu lama. Kalau di-bleaching sekitar empat jam di salon.

4 dari 4 halaman

Video

Lanjutkan Membaca ↓