Pesan Ravi Murdianto untuk Timnas Indonesia U-19 yang Bersiap Tampil di Piala Dunia U-20 2021

Oleh Permana Kusumadijaya pada 27 Jun 2020, 18:15 WIB
Diperbarui 27 Jun 2020, 18:15 WIB
Ravi Murdianto, Timnas Indonesia U-19
Mantan kiper Timnas Indonesia U-19 yang menjuarai Piala AFF U-19 2013, Ravi Murdianto. (Bola.com/Permana Kusumadijaya)

Bola.com, Jakarta - Kiper utama Timnas Indonesia U-19 saat menjuarai Piala AFF U-19 2013, Ravi Murdianto, mendoakan adik-adiknya yang saat ini sedang mempersiapkan diri untuk bisa bermain di Piala Dunia U-20 2021. Tak lupas Ravi Murdianto juga menitipkan pesan untuk selalu bekerja keras.

Ravi Murdianto merupakan kiper utama Timnas Indonesia U-19 yang saat itu menjuarai Piala AFF U-19 pada 2013 lalu. Saat itu Ravi menjadi juara bersama rekan-rekannya yang kini menjadi andalan di timnya masing-masing, seperti Evan Dimas Darmono, Hansamu Yama Pranata, Hargianto, dan yang lain-lain.

Ravi Murdianto mengaku turut senang karena Indonesia bisa menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021. Ia pun berpesan kepada adik-adik yang kini tengah bersaing untuk mendapatkan tempat di Timnas Indonesia U-19 bahwa kunci sukses dari seorang pemain adalah kerja keras, patuh kepada intruksi pelatih, serta tidak melupakan ibadah.

"Saya mendoakan adik-adik saya di Timnas U-19 yang saat ini sedang mempersiapkan diri dan bersaing agar bisa tampil di Piala Dunia U-20 nanti. Terpenting bagi seorang pemain adalah tetap bekerja keras, berdoa, dan patuh pada pelatih," kata Ravi Murdianto kepada Bola.com, Sabtu (27/06/2020).

Disinggung soal peluang Timnas Indonesia U-19 di Piala Dunia U-20 nanti, menurut kiper yang kini membela Persikabo itu, semua tim punya peluang yang sama.

2 dari 3 halaman

Tuan Rumah Jadi Faktor Penting untuk Optimistis

Ravi Murdianto
Kiper Timnas Indonesia U-22, Ravi Murdianto, saat latihan di Lapangan SPH Karawaci, Banten, Selasa (8/8/2017). Latihan dilakukan sebagai persiapan jelang SEA Games 2017 Malaysia. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Ravi menegaskan Timnas Indonesia selalu dinaungi keberuntungan jika bermain di kandang sendiri. Ia merasakan sendiri saat Piala AFF U-19 2013 lalu, Timnas Indonesia U-19 mampu keluar sebagai juara karena dukungan penuh suporter mengingat mereka adalah tuan rumah.

"Kalau tuan rumah InsyaAllah bisa. Timnas Indonesia kalau bermain di kandang pasti bisa maksimal. Apalagi nanti kalau diizinkan penonton bisa hadir ke stadion. Semangat pemain pun akan lebih tinggi karena bermain di rumah sendiri dan mendapat dukungan penuh suporter. Saya mengalaminya saat juara 2013 itu," ungkapnya.

Namun, Ravi Murdianto tak membantah jika lawan yang akan dihadapi Indonesia adalah tim-tim kuat yang mempunyai level sepak bola lebih maju. PSSI menargetkan Timnas Indonesia U-19 masuk semifinal.

"Kalau pemain-pemain muda di Indonesia itu masih bisa bersaing dengan negara-negara maju. Apalagi banyak pemain muda dari U-16 yang juara. Yang paling penting, fokus dalam setiap pertandingan, kerja keras, bermain tanpa beban dan disiplin, jaga pola makan dan pola hidup. Itu yang saya dapatkan dari pengalaman saya," Ravi Murdianto mengakhiri pembicaraan.

3 dari 3 halaman

Video

Lanjutkan Membaca ↓