PSIS Mengapresiasi Hubungan PSSI dan Shin Tae-yong yang Sudah Mencair demi Timnas Indonesia

Oleh Vincentius Atmaja pada 27 Jun 2020, 21:15 WIB
Diperbarui 27 Jun 2020, 21:15 WIB
Manajer pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong
Manajer pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, memberikan arahan saat latihan Timnas U-19 di Stadion Wibawa Mukti, Senin (13/1/2020). Pria asal Korsel ini menjalankan tugas perdananya dengan memantau dan memberikan arahan di seleksi timnas U-19. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Bola.com, Semarang - CEO PSIS Semarang, Yoyok Sukawi, mengapresiasi membaiknya hubungan antara PSSI dengan pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Sebelumnya, Ketum PSSI Mochamad Iriawan bertatap muka dengan Shin Tae-yong secara virtual, Jumat (26/6/2020).

Pertemuan secara virtual tersebut sekaligus memastikan bahwa kerja sama tetap berlanjut. Pelatih asal Korea Selatan tetap membesut tim Merah-Putih sesuai kontraknya. Shin Tae-yong tetap melanjutkan pekerjaannya di Timnas Indonesia, dari kelompok umur hingga senior.

PSSI dan Shin Tae-yong sempat mengalami perseteruan. Sejumlah persoalan antara federasi dan pelatih asal Korea Selatan itu membuat hubungan keduanya kurang harmonis di tengah pandemi COVID-19.

Menurut Yoyok Sukawi, adanya kesepakatan untuk kembali membangun Timnas Indonesia adalah hal yang sangat positif. Ia menyebut kedua pihak, baik federasi maupun Shin Tae-yong, telah menunjukkan sikap yang dewasa

"Sebenarnya hasil pertemuan malam ini antara Ketum PSSI dan Shin Tae-yong bukan hal yang mengejutkan. Saya sudah menduga dari awal bahwa ketua umum beserta teman-teman di PSSI akan memiliki sifat negarawan yang mementingkan kepentingan bangsa," ungkap Yoyok Sukawi, Sabtu (27/6/2020).

"Sebaliknya Shin Tae-yong, saya yakin dia juga seorang yang profesional jika melihat rekam jejaknya selama ini. Saya mengapresiasi langkah dari ketua umum PSSI dan Shin Tae-yong yang ingin kembali fokus membangun Timnas Indonesia demi nama baik bangsa," jelas pria yang juga anggota DPR RI itu.

2 dari 3 halaman

Alasan PSSI Tidak Mengizinkan TC di Korea Selatan

Manajer pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong
Manajer pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, menendang bola saat latihan Timnas U-19 di Stadion Wibawa Mukti, Senin (13/1/2020). Pria asal Korsel ini menjadi supervisi untuk Timnas Indonesia senior, U-22, U-20, dan U-16. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Ketua PSSI, Mochamad Iriawan, telah memberikan penjelasan tersebut kepada Shin Tae-yong terkait tidak diperkenankannya melakukan TC di Korea Selatan ketika keduanya bertemu secara virtual pada Jumat (26/6/2020) malam WIB.

Iwan Bule, panggilan Iriawan, menilai bahwa kondisi di Korea Selatan tidak menjamin para pemain Timnas Indonesia terbebas dari serangan virus corona. Belum lagi, ada puluhan pemain yang akan mengikuti TC tersebut.

"Berkaitan dengan TC, saya sampaikan bukan saya tidak memberikan TC ke Korea Selatan. Di awal, kami mendukung Shin Tae-yong untuk menggelar TC di mana pun juga," ujar Iwan Bule.

"Namun, karena situasi pandemi COVID-19, bagaimana dengan keselamatan anak-anak saya yang jumlahnya bisa 44 pemain untuk Timnas Indonesia U-19."

"Belum timnas senior juga, apa akan berangkat ke Korea Selatan? Tidak mungkin juga kami akan selamat di sana. Jadi rentan sekali. Saya memperhatikan kesehatan mereka," jelas Iwan Bule.

Saat ini, Korea Selatan tengah menghadapi gelombang kedua COVID-19. BBC melaporkan pada 22 Juni 2020, 17 kasus baru ditemukan dari tujuh kluster berbeda di gedung perkantoran besar dan area pergudangan.

3 dari 3 halaman

Video

Lanjutkan Membaca ↓
Kiper Persita Tangerang, Annas Fitrianto Tetap Bugar Jelang Kembalinya Shopee Liga 1 2020