Sukses


Kisah Bek Bali United Ketagihan Rokok Saat Masih SD, Berhenti demi Menjadi Pesepak Bola

Bola.com, Jakarta - Kisah hidup Leonard Tupamahu bisa menjadi inspirasi bagi khalayak muda. Bek Bali United itu mengaku pernah ketagihan rokok saat masih duduk di Sekolah Dasar (SD).

Leonard merokok dengan sembunyi-sembunyi di atas atap rumahnya. Pernah suatu waktu ibunya meradang lantaran mengetahui anaknya tengah menikmati menghisap tembakau.

Saat menginjak bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP), Leonard memutuskan untuk berhenti merokok. Pasalnya, pilar lini belakang Bali United ini ingin menjadi pesepak bola.

"Jujur saja, sewaktu kecil saat usia anak SD, saya merokok di atas genting rumah dan dimarahi oleh ibu saya," kata Leonard dinukil dari laman Bali United.

"Tapi, sewaktu SMP, saat pulang sekolah dengan berjalan kaki, saya putuskan untuk berhenti merokok. Pada waktu itu, saya juga fokus ingin menjadi pesepak bola," imbuh Leonard.

Video

2 dari 2 halaman

Pesan Leonard

Terbukti, dengan tidak lagi merokok, Leonard bisa menjaga konsistensinya di lapangan hijau. Mantan pemain Persija Jakarta ini merupakan satu di antara kunci Bali United menjuarai Shopee Liga 1 musim lalu.

Leonard berpesan kepada calon pesepak bola untuk menghindari rokok dan minuman keras karena keduanya dapat berdampak buruk bagi kesehatan.

"Yakin, berdoa, dan percaya kepada Tuhan bahwa kita bisa meraih impian kita. Mulai hidup sehat dan jauhi rokok maupun minuman keras, terutama adik-adik yang sedang persiapan menjadi pemain sepak bola profesional dengan karier yang panjang," imbuh Leonard.

Video Populer

Foto Populer