Sukses


Rampung Oktober 2021, Transportasi Umum di Sekitar Jakarta International Stadium Harus Dibangun Demi Akomodasi Fans Persija

Bola.com, Jakarta - Persija Jakarta akan punya markas baru dalam waktu dekat. Jakarta International Stadium (JIS), yang tengah dibangun, ditargetkan rampung pada Oktober 2021.

Suporter Persija Jakarta, The Jakmania, berkesempatan untuk mengunjungi proyek JIS pada 15 Juni 2020. Dipimpin oleh ketuanya, Diky Budi Ramadhan, organisasi berciri khas warna oranye itu melakukan audiensi dengan PT Jakarta Propertindo (Jakpro) selaku pengembang stadion tersebut.

Per Senin (29/6/2020), Jakpro mengabarkan melalui akun Instagram JIS, @jktintstadium, bahwa pengerjaan pembangungan stadion telah mencapai 23,3 persen dari rencana awal 20,7 persen.

JIS terletak di Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara, dengan akses langsung dari Tol Lingkar Dalam menuju Pelabuhan Tanjung Priok. Cukup strategis disambangi memakai kendaraan pribadi berupa mobil. Namun, bakal menjadi kendala untuk penonton yang terbiasa memanfaatkan transportasi umum.

Tidak adanya jalur Transjakarta, Commuter Line, hingga LRT yang berdekatan dengan JIS akan menghambat pendukung Persija Jakarta yang terbiasa menggunakan transportasi umum. Belum lagi, suporter yang berasal dari luar daerah yang enggan memakai kendaraan bermotor karena aksesnya yang cukup jauh.

Diky berharap Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI memerhatikan akses transportasi umum di sekitaran JIS. Akan menjadi mubazir nantinya jika pembangungan stadion telah selesai, namun infrastruktur yang mendukung belum memadai.

"Menurut saya, Pemprov DKI tinggal menyiapkan infrastruktur transportasi umum di sekeliling JIS. Jangan sampai setelah stadion itu jadi, infrastruktur di sekitarnya masih belum bisa digunakan," imbuh Diky kepada Bola.com.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Infokom the Jakmania (@infokomjakmania) on

Video

2 dari 2 halaman

Lokasinya Terlalu Jauh?

Ada anggapan lokasi JIS terlalu jauh untuk dijangkau suporter Persija Jakarta yang berada di luar ibu kota, terutama di wilayah penyangga seperti Depok, Tangerang, dan Bogor. Diky memberikan jawaban yang bijak.

"Kalau masalah lokasi, Jakarta itu terlalu besar. Mau ditaruh di mana pun, pasti ada yang merasa terlalu jauh atau dekat," kata Diky

Sesuai rancangan, JIS akan berkapasitas 82 ribu penonton dan tanpa lintasan atletik sehingga makin mendekatkan lapangan dengan tribune penonton. Selain menjadi stadion, JIS bakal dilengkapi infrastruktur penunjang lainnya seperti sky view deck yang berada di atap stadion.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by #STADIONKITA (@jktintstadium) on

Video Populer

Foto Populer