Menunggu Kedatangan Shin Tae-yong, Timnas Indonesia U-19 Masih Berlatih Secara Online

Oleh Muhammad Adiyaksa pada 01 Jul 2020, 15:45 WIB
Diperbarui 01 Jul 2020, 15:45 WIB
Manajer pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong dan Indra Sjafri

Bola.com, Jakarta - Sembari menunggu kedatangan pelatih Shin Tae-yong, Timnas Indonesia U-19 masih terus berlatih. Berlangsung secara virtual, latihan dipimpin oleh pelatih fisik, Lee Jae-hong.

Latihan virtual ini merupakan rutinitas Timnas Indonesia U-19 yang telah digelar sejak pertengahan Mei 2020 alias sebelum lebaran. Latihan digeber selama setiap hari kecuali akhir pekan.

"Kami masih berlatih secara virtual. Sudah berjalan sejak 14 Mei lalu hingga sekarang," kata Nova Arianto, asisten pelatih Timnas Indonesia U-19 ketika dihubungi Bola.com, Rabu (1/7/2020).

Nova masih belum mengetahui secara rinci terkait rencana PSSI yang ingin melaksanakan TC Timnas Indonesia U-19 secara normal pada bulan ini. Saat ini, pihaknya masih fokus dengan latihan via zoom.

"Setelah nanti TC secara normal sudah terjadwal, maka latihan secara virtual ini akan berhenti. Tapi, sebelum jadwalnya keluar, kami akan tetap berlatih secara virtual," imbuh Nova.

2 dari 3 halaman

Latihan Berdurasi Satu Jam

Beckham Putra Nugraha
Gelandang muda Persib Bandung, Beckham Putra Nugraha menjalani latihan virtual bersama Timnas Indonesia U-19. (Bola.com/Erwin Snaz)

Nova mengatakan bahwa porsi latihan virtual Timnas Indonesia U-19 berlangsung dengan intensitas sedang. Latihan berlangsung pada pagi hari dan berlangsung selama satu jam.

Disebut latihan virtual diikuti sebanyak 42 pemain Timnas Indonesia U-19 yang dipanggil dipimpin oleh Lee Jae-hong dari Korea Selatan. Saat ini, Shin Tae-yong beserta para asistennya masih berada di kampung halamannya tersebut.

"Latihan rutin berlangsung setiap hari. Cuma Sabtu dan Minggu saja yang libur. Latihan berdurasi satu jam dari pukul 09.00-10.00 WIB," jelas Nova.

"Latihan dipandu oleh coach Lee Jae-hyong. Asisten pelatih Shin Tae-yong yang berkonsentrasi terhadap fisik. Jadi kami berlatih melalui zoom dan semua staf pelatih mengawasi latihan tersebut," tuturnya mengakhiri.

Shin Tae-yong dijadwalkan kembali ke Indonesia pada bulan ini. Setibanya nanti, pelatih berusia 49 tahun itu akan langsung diminta untuk menggelar persiapan demi Piala AFC U-19 2020 pada Oktober mendatang.

3 dari 3 halaman

Video

Lanjutkan Membaca ↓
Bima Sakti Jelaskan Latihan Timnas Indonesia U-16 yang Berbeda di Tengah Pandemi COVID-19