Sukses


Kemenpora Mendesak PUPR Segera Renovasi Venue Piala Dunia U-20 2021

Jakarta Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali mendesak Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) segera merenovasi stadion yang bakal menggelar Piala Dunia U-20 2021.

Saat ini, PSSI telah menunjuk enam stadion yang bakal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021, yakni Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Gelora Sriwijaya, Si Jalak Harupat, Manahan, Gelora Bung Tomo, dan I Wayan Dipta.

"Dari pihak kami dan juga dari PSSI yang diwakili oleh Waketum (Cucu Somantri) sudah rapat langsung dengan pihak PUPR, kami akan percepat renovasi venue," kata Menpora sekaligus Ketua INAFOC (panitia penyelenggara Piala Dunia U-20 2021, Zainudin Amali.

Lebih lanjut, Zainudin Amali ingin PUPR bergerak cepat. Sebab, Piala Dunia U-20 di Indonesia bakal digelar mulai 20 Mei hingga 11 Juni 2021.

Namun, Menpora juga mendesak PSSI membuat anggaran renovasi dengan hati-hati karena menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

"Waktunya sudah mepet. Kita sudah tertunda akibat pandemi COVID-19, baik itu untuk pelatihan Timnas Indonesia maupun renovasi stadion untuk Piala Dunia U-20," ujar menteri asal Gorontalo tersebut.

Saksikan Video Piala Dunia U-20 2021 di Bawah Ini

2 dari 3 halaman

Keyakinan PSSI

Sementara itu, PSSI menjamin FIFA tidak akan mengubah dua stadion yang belum mendapat restu, yakni Stadion Jakabaring dan Si Jalak Harupat. Sebelumnya, FIFA sudah menolak Stadion Mandala Krida karena dekat dengan Gunung Merapi yang masih aktif.

"Tentunya kami sudah berkomunikasi dengan FIFA. Makanya FIFA akan hadir ke sini pada September nanti. Stadion tersebut sudah beberapa kali melakukan event internasional, dan kami langsung melihat fasilitas lainnya lebih lengkap dari dua yang ada," ucap Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan.

"Kemudian transportasi, akomodasi, semua tersedia di sekitar Jakabaring. Saya melihat keseriusan Pemerintah Daerah yang luar biasa. Jadi alangkah baiknya kami mengakomodasi dan itu sudah dibicarakan dengan FIFA," ucap mantan Kapolda Metro Jaya itu.

3 dari 3 halaman

Fokus ke Prestasi

Mochamad Iriawan yang akrab disapa Iwan Bule juga menegaskan, PSSI sangat fokus dengan prestasi Timnas Indonesia di Piala Dunia U-20 2021. Ini sudah menjadi arahan Presiden Joko Widodo dalam rapat terbatas di Istana pada 1 Juli 2020.

"Saya inginĀ Timnas Indonesia sesuai harapan rakyat. Kami fokus kepada prestasi," ucap Iwan Bule mengakhiri.

Sumber: Liputan6.com

Disadur dari: Liputan6.com (Cakrayuri Nuralam/Defri Saefullah, published 4/7/2020)

Video Populer

Foto Populer