Sukses


Pemerintah Bakal Mempercepat Renovasi Venue Piala Dunia U-20 2021

Bola.com, Jakarta - Pemerintah bakal segera melakukan renovasi venue-venue Piala Dunia U-20 2021. Proyek renovasi bakal dilakukan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Proses percepatan renovasi venue Piala Dunia U-20 2021 sesuai dengan instruksi Presiden Joko Widodo. Sejauh ini ada enam stadion yang sudah disiapkan untuk menggelar event akbar tersebut.

Stadion untuk Piala Dunia U-20 2021 yang disiapkan PSSI adalah Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Gelora Sriwijaya (Palembang, Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Manahan (Solo), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya), dan Stadion Kapten I Wayan Dipta (Bali).

"Kami dan juga PSSI yang diwakili oleh Waktum Cucu Somantri sudah melakukan rapat dengan Kementerian PUPR. Kami akan percepat renovasi venue," kata Ketua Panitia Pelaksana Piala Dunia U-20 2021 (INAFOC), Zainudin Amali.

"Jadi, enam stadion itu akan dikerjakan sesuai dengan arahan dari Bapak Presiden (Joko Widodo) saat menggelar Rapat Internal Terbatas (Ratas) kabinet," tegas Zainudin Amali yang juga Menteri Pemuda dan Olahraga itu.

FIFA sejauh ini sudah meninjau empat venue dari enam yang diajukan menggelar Piala Dunia U-20 2021. Venue yang bakal ditinjau dalam waktu dekat adalah Stadion Gelora Sriwijaya dan Stadion Si Jalak Harupat.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 2 halaman

Alasan Gelora Sriwijaya

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, buka suara mengenai pemilihan enam stadion untuk Piala Dunia U-20 2021. Sorotan tertuju pada dipilihnya Stadion Gelora Sriwijaya, Palembang, yang mengalahkan Stadion Mandala Krida, Yogyakarta.

Mochamad Iriawan menyebut PSSI punya alasan khusus di balik pemilihan Stadion Gelora Sriwijaya, Palembang. Pria yang akrab disapa Iwan Bule itu menilai proses pemilihan dilakukan dengan pertimbangan rekam jejak venue dan akses pendukung untuk Piala Dunia U-20 2021.

"Terkait pemilihan enam stadion ini kami sudah berkomunikasi dengan FIFA. Makanya mereka akan datang ke Indonesia," kata Iwan Bule dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat (3/7/2020).

"Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring sudah terbiasa menggelar event internasional. Fasilitas lainnya juga lebih lengkap. Akomodasi dan transportasi bagus dan kesiapan pemerintah daerahnya juga bagus," ujar Iwan Bule.

Video Populer

Foto Populer