Asal-usul Nama Duo Persib, Terinspirasi dari Legenda Chelsea dan Manchester United

Oleh Muhammad Adiyaksa pada 08 Jul 2020, 05:00 WIB
Diperbarui 08 Jul 2020, 05:00 WIB
Persib Bandung - Gian Zola dan Beckham Putra
Persib Bandung - Gian Zola dan Beckham Putra (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Fenomena menamai anak dengan nama bintang sepak bola sempat ramai di Indonesia. Dua pemain Persib Bandung, Gian Zola Nasrulloh dan Beckham Putra Nugraha, adalah contoh paling nyata.

Nama Gian Zola terinspirasi dari Gianfranco Zola. Kebetulan ketika pemain berusia 21 tahun itu lahir, nama legenda Chelsea tersebut tengah tenar.

"Karena dulu ayah saya menyukai Gianfranco Zola di Chelsea pada 1998, tahun yang sama dengan kelahiran saya. Namanya sama, namun tanpa Franco. Jadi Gian Zola," kata gelandang Persib di channel YouTube Hanif & Rendy.

Sebelum Gian Zola lahir, Gianfranco Zola tengah menjalani musim keduanya di Chelsea. Pria asal Italia itu membukukan 12 gol dan tiga assists dari 40 penampilan pada musim 1997-1998.

Adapun, Gian Zola promosi ke skuat utama Persib Bandung pada 2016. Gelandang Timnas Indonesia U-22 itu sempat dipinjamkan ke Persela Lamongan pada putaran kedua 2018 dan kembali ke Kota Kembang pada musim lalu.

2 dari 3 halaman

Ada Andil David Beckham

Piala Indonesia 2019 : Persib Bandung Vs Persiwa Wamena
Gelandang Persib Bandung, Beckham Putra Nugraha, saat melawan Persiwa Wamena pada laga Piala Indonesia di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Senin (11/2). Persib menang 7-0 atas Persiwa. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Begitu pula ketika Budi Nugraha, ayah Zola, menamai anak ketiganya, Beckham Putra.

Beckham Putra lahir ketika legenda Manchester United, David Beckham, sedang merasakan masa keemasannya sebagai pesepak bola. Pemain asal Inggris itu baru menjuarai Premie League 2000-2001. 

Adapun, Beckham Putra hadir di dunia pada 29 Oktober 2001. "Waktu itu, David Beckham sedang bagus-bagusnya di Manchester United. Namun, ayah saya memberikan nama ke saya tanpa David. Hanya Beckham," jelas Beckham Putra.

3 dari 3 halaman

Video

Lanjutkan Membaca ↓