Program Bonek Wani Lawan COVID-19, Persebaya Salurkan Bantuan dari BNPB

Oleh Hendry Wibowo pada 09 Jul 2020, 18:45 WIB
Diperbarui 09 Jul 2020, 18:45 WIB
Bonek Mania
Aksi Bonek, suporter Persebaya, di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya. (Bola.com/Aditya Wany)

Bola.com, Surabaya - Persebaya dan Bonek terus berupaya menyukseskan program Bonek Wani Lawan COVID-19. Terbaru Bantuan dari BNPB yang baru tiba Rabu (8/7/2020) pagi, langsung disalurkan di hari yang sama ke titik-titik rawan penularan virus corona.

Salah satunya terdapat di pasar Benowo, Surabaya. "Kita bergerak cepat, hari ini kita langsung salurkan bantuan alat pelindung diri dari BNPB ke pasar Benowo," ungkap Fans Relation Persebaya, Sidik Tualeka seperti dikutip dari situs resmi tim.

Pria yang akrab disapa Alek tersebut menjelaskan, dirinya dan rekan-rekan Bonek tidak hanya membagikan APD berupa masker dan faceshield kepada para pedagang.

Perwakilan Persebaya dan Bonek juga melakukan penyuluhan dan edukasi singkat akan bahayanya Covid-19. Mengingat masih banyak masyarakat yang acuh terhadap virus yang menyebar lewat droplet ini.

"Ini alasan Bonek digandeng BNPB, Bonek lebih tau karakter masyarakat dan bisa memberi pengertian secara langsung, karena Bonek juga bagian yang tidak terpisahkan dari masyarakat Surabaya," terang Alek.

2 dari 3 halaman

Turun Langsung

Bonek Mania
Koreo Bonek Mania saat laga Persebaya vs Arema di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Minggu (6/5/2018). (Bola.com/Aditya Wany)

Rencananya pembagian APD ini juga akan dilakukan Persebaya dan Bonek di beberapa titik lainnya hingga beberapa hari ke depan. Tidak hanya Alek dan tim, nantinya beberapa elemen Bonek juga akan turun langsung ke warga untuk melakukan pencegahan penularan COVID-19.

Sementara itu, Makhyan Jibril, Vice Chairman Junior Doctors Network Indonesia sangat mengapresiasi gerakan Bonek Wani Lawan COVID-19.

Sebagai tenaga medis, dirinya menyaksikan sendiri ganasnya COVID-19 yang merenggut jiwa warga masyarakat dan kolega seprofesinya. Sehingga dirinya berharap banyak kepada kekuatan sosial dari Bonek untuk memutus mata rantai penularan virus corona.

"Saya yakin program ini (Bonek Wani Lawan COVID-19) akan berdampak besar sekali. Karena WHO sudah bilang bahwa menangani COVID-19 itu salah satunya dengan menggandeng komunitas, dengan loyalitas Bonek maka intervensi terhadap COVID-19 bisa jauh lebih maksimal," kata Jibril.

 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Kami:

Lanjutkan Membaca ↓
Kiper Persita Tangerang, Annas Fitrianto Tetap Bugar Jelang Kembalinya Shopee Liga 1 2020