Klasemen Abadi Timnas Indonesia di Piala AFF: Peringkat di Atas Malaysia Tapi Belum Pernah Juara

Oleh Zulfirdaus Harahap pada 10 Jul 2020, 07:45 WIB
Diperbarui 10 Jul 2020, 07:45 WIB
Kolase - Timnas Indonesia di Piala AFF Bagian 1
Kolase - Timnas Indonesia di Piala AFF Bagian 1 (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Piala AFF masih menjadi momok buat Timnas Indonesia. Sebenarnya penampilan tim Merah Putih tak buruk-buruk amat, namun tetap belum mampu menjadi juara.

Timnas Indonesia sepanjang sejarah sudah tampil dalam 12 edisi di Piala AFF. Indonesia sudah tampil sebanyak 65 pertandingan.

Rinciannya adalah meraih 31 kemenangan, 12 kali imbang, dan 19 kali kalah. Jika diurutkan dalam klasemen, Timnas Indonesia menghuni posisi ketiga dengan nilai 105 poin.

Timnas Indonesia berada di atas Malaysia dan Singapura, sedangkan posisi puncak ditempati Thailand sebagai pengoleksi gelar terbanyak yakni lima kali. Mirisnya, Indonesia belum sekalipun mampu menaklukkan turnamen antarnegara ASEAN tersebut.

Meski demikian, perjuangan Timnas Indonesia dalam meraih juara terbilang tak main-main. Buktinya, dalam 12 edisi, Timnas Indonesia mampu meraih tiket final sebanyak lima kali.

Namun, dalam lima kali final Piala AFF, keberuntungan belum berpihak. Timnas Indonesia selalu kalah pada laga final yang diikuti pada 2000, 2002, 2004, 2010, dan 2016.

Hal ini tentu saja menjadi perhatian khusus buat PSSI. Piala AFF 2020 dianggap sebagai momentum untuk mencetak sejarah pertama kali meraih gelar juara.

Alasan itulah yang membuat PSSI berani merekrut pelatih kelas dunia seperti Shin Tae-yong. Pelatih asal Korea Selatan itu dibebani target membantu Timnas Indonesia juara Piala AFF, dan juga meraih kesuksesan pada ajang Piala Dunia U-20 2021.

2 dari 4 halaman

Momen Terbaik

Selebrasi Pemain Timnas Indonesia saat Hansamu Yama Cetak Gol Kemenangan
Para pemain Timnas Indonesia merayakan gol yang dicetak Hansamu Yama ke gawang Thailand pada laga final leg pertama Piala AFF 2016 di Stadion Pakansari, Jawa Barat, Rabu (14/12/2016). Indonesia menang 2-1 atas Thailand. (Bola.com/Peksi Cahyo)

Dari kelima final Piala AFF yang pernah dimainkan Timnas Indonesia, edisi 2010 menjadi yang paling terbaik. Timnas Indonesia ketika itu berhadapan dengan Thailand di partai puncak.

Timnas Indonesia lebih dulu menjamu Thailand di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, pada 14 Desember 2016. Ketika itu, Timnas Indonesia asuhan Alfred Riedl berhasil meraih kemenangan 2-1 melalui Rizky Pellu dan Hansamu Yama.

Keunggulan 2-1 itu tentu saja menjadi modal berharga buat Timnas Indonesia dalam melakoni leg kedua di Thailand. Namun, tidak dinyaya, final idaman berubah menjadi petaka.

Pada laga yang digelar di Stadion Rajamangala, Bangkok (17/12/2016), Timnas Indonesia dipaksa menyerah 0-2 melalui dua gol Siroch Chatthong. Gelar yang sudah didepan mata raib karena Thailand unggul agregat 2-3 dari Timnas Indonesia.

Itu menjadi edisi terakhir buat Timnas Indonesia melaju ke final. Dua tahun setelahnya, Timnas Indonesia mengalami penurunan performa karena tersingkir pada fase grup Piala AFF 2018.

3 dari 4 halaman

Klasemen Piala AFF

Thailand vs Indonesia
Striker Timnas Indonesia, Ferdinand Sinaga, memenangi duel dengan pemain Thailand, Teerasil Dangda, dalam laga leg kedua final Piala AFF 2016 di Stadion Rajamangala, Bangkok, Thailand, Sabtu (17/12/2016). (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Klasemen Piala AFF sepanjang masa. (Wikipedia)

4 dari 4 halaman

Video

Lanjutkan Membaca ↓