Pandemi Virus Corona Tidak Mengganggu Fokus Timnas Filipina untuk Piala AFF 2020

Oleh Zulfirdaus Harahap pada 10 Jul 2020, 21:30 WIB
Diperbarui 10 Jul 2020, 21:30 WIB
Timnas Filipina
Timnas Filipina. (AFP/Giuseppe Cacace)

Bola.com, Manila - Timnas Filipina masih bersemangat untuk bisa tampil dan bersaing di Piala AFF 2020. Manajer tim, Dan Palami, menyebut fokus para pemain tak terganggu adanya pandemi virus corona.

Timnas Filipina bertekad meraih gelar perdana di Piala AFF 2020. Misi tersebut tak mustahil diwujudkan karena tim berjulukan The Azkals itu memang konsisten menembus semifinal sebanyak empat kali dalam lima edisi terakhir.

"Berdasarkan percakaan yang kami lakukan dengan para pemain, saya rasa meraih kemenangan masih menjadi tujuan utama dalam pikirkan mereka," kata Dan Palami seperti dikutip ABS-CBN, Jumat (10/7/2020.

Namun, Dan Palami menyebut timnya masih menunggu restu dari otoritas setempat untuk bisa menggelar pemusatan latihan. Apalagi angka positif corona di Filipina yang belum melandai.

"Saat ini, kami masih bergantung pada keputusan apapun dari pemerintah. Seputar tempat latihan dan sesi latihan. Semua pemain ingin meraih gelar juara, tapi perhatian utama adalah keselamatan semua pemain," tegas Dan Palami.

Sebelum bertempur di Piala AFF 2020, Timnas Filipina masih memiliki tiga laga sisa di Kualifikasi Piala Dunia 2022. Stephan Schrock dkk. akan menjamu Guam (8/10/2020), menantang China (12/11/2020), dan menghadapi Maldives pada 17 November mendatang.

2 dari 3 halaman

Incar 8 Pemain Blasteran

Timnas Filipina, Piala AFF 2018
Para pemain Filipina saat merayakan gol ke gawang Singapura pada laga Grup B Piala AFF 2018. (AFF Suzuki Cup)

Filipina tak ingin main-main dalam mengikuti Piala AFF 2020. Pelatih Scott Cooper sudah mempersiapkan delapan pemain blasteran untuk memperkuat tim berjulukan The Azkals itu.

Kebijakan Pemerintah Filipina yang membebaskan warganya memiliki dua warga negara menjadi keuntungan. Filipina bisa memanggil pemain keturunan tanpa harus melepaskan kewarganegaraan yang sudah dimiliki.

Pada Piala AFF 2020, Filipina membidik delapan nama pemain keturunan. Mereka adalah Jesper Nyholm (Swedia-Filipina), Gerrit Holtmann (Filipina-Jermain), Raphael Obermair (Jerman-Filipina), Jessie Curran (Filipina-Australia), Jefferson Tabinas (Filipina-Ghana), Michael Kempter (Swiss-Filipina), Niko de Vera (Filipina-Amerika Serikat), dan Bernd Schipmann (Filipina-Jerman).

"Kami telah mempelajari kemampuan mereka. Namun, yang paling penting adalah keinginan mereka untuk bermain bersama Filipina. Semua pemain ini dapat masuk daftar panggil dalam waktu dekat," kata Scott Cooper.

Sumber: ABS-CBN

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓