Pesan Mantan Persib kepada Bobotoh dan Pemain Jika Ingin Juara Liga 1 2020

Oleh Nandang Permana pada 15 Jul 2020, 17:30 WIB
Diperbarui 15 Jul 2020, 20:58 WIB
Persib Latihan di PTIK
Pelatih Persib Bandung, Robert Alberts, memberikan arahan kepada pemainnya saat latihan di Stadion PTIK, Jakarta, Selasa (22/10). Hadapi Bhayangkara, Persib jajal lapangan PTIK. (Bola.com/Yoppy Renato)

Bola.com, Jakarta - Mantan Pemain Persib, Usep Munandar berharap para Bobotoh memberikan ruang kepada pemain dan tim kepelatihan untuk berproses. Berorientasi pada proses, menurutnya, lebih penting karena itu tak mungkin mengkhianati hasil.

Harapan Usep Munandar itu disampaikan untuk menyikapi keberhasilan Persib di tiga laga awal Shopee Liga 1. Dari tiga pertandingan yang sudah dilakoni, tim berjuluk Maung Bandung itu meraih poin sembilan dan memuncaki klasemen sementara.

Setelah Persib digjaya di tiga laga itu, publik sepak bola di Jawa Barat pun banyak berharap musim ini Maung Bandung juara.

Meski cuma harapan, Usep Munandar menegaskan untuk meraih juara, sebuah tim harus melalui proses yang tidak sebentar. Dirinya juga berpesa kepada pemain muda untuk terus belajar hingga benar-benar matang.

"Jangan berharap instan, karena ada proses juga. Kalau sudah merasakan juara, kan pasti level pasti tetap disitu. Tapi, kan sekarang harus tetap ada proses. Terutama para pemain mudanya, tidak mungkin matang langsung," kata Usep Munandar kepada Bola.com, Rabu (15/7/2020).

Para pemain muda Persib yang ada saat ini harus bersyukur karena Pelatih Robert Alberts Rene sangat peduli terhadap pemain muda dan tidak jarang dipasang sebagai starting eleven.

Yang terpenting, jika menginginkan Persib juara, maka pelatih harus diberikan keleluasaan dalam menentukan pemain dan meracik tim dalam setiap pertandingan. Jangan karena ingin melihat Persib juara musim ini, kemudian memberikan tekanan yang berlebih kepada pemain atau pelatih.

"Biarkan saja berproses. Karena pelatih pun pasti memiliki tanggung jawab terhadap pekerjaan dan perkembangan tim dan pasti mempunyai target. Tinggal didukung ini saja," ujarnya.

 

2 dari 3 halaman

Persib Masih Minim Fasilitas

Piala Indonesia 2019 : Persib Bandung Vs Persiwa Wamena
Gelandang Persib Bandung, Beckham Putra Nugraha, saat melawan Persiwa Wamena pada laga Piala Indonesia di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Senin (11/2). Persib menang 7-0 atas Persiwa. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Kata pria yang memperkuat Persib musim 2004 hingga 2005 ini, Persib masih memiliki kekurangan terutama dari segi fasilitas. Seharusnya, kata Usep Munandar, tim skelas Persib sudah harus memiliki sendiri minimal satu lapangan untuk latihan.

Padahal, kondisi finansial Persib dinilainya sudah sehat. Oleh karena itu, sudah selayaknya manajemen mulai memikirkan faktor-faktor penunjang kedigdayaan sebuah tim sepak bola.

"Di saat Persib sekarang yang secara finansial sehat, belum memiliki tempat latihan sendiri. Apa lagi coba, dukungan suporter penuh, sponsor ada, tapi belum memiliki tempat latihan sendiri," Usep Munandar memgakhiri pembicaraan.

3 dari 3 halaman

Video

Lanjutkan Membaca ↓
Lebih Dekat dengan Sandy Walsh (Part 1), Cerita Hidung Berdarah karena Romelu Lukaku