Sukses


Captain Tsubasa Jadi Inspirasi Ryuji Utomo dalam Menekuni Sepak Bola

Bola.com, Jakarta - Sosok inspiratif bagi pesepak bola biasanya datang dari sesama atlet di lapangan hijau. Umunya, mereka yang berjaya sebagai pemain sepak bola dengan deretan prestasi, bakal menjadi idola.

Namun ada hal menarik dari bek Persija Jakarta, Ryuji Utomo. Ia menjadikan tokoh anime kenamaan asal Jepang, Captain Tsubasa sebagai sumber inspirasinya menekuni dunia sepak bola.

Ryuji mengidolakan pemain bola animasi dengan nama lengkap Tsubasa Ozora tersebut, sejak serial itu meledak pada awal milenium baru. 

"Inspirasi saya pertama kali bermain bola itu kartun captain Tsubasa. Mungkin teman-teman semua yang seumuran dengan saya pada eranya. Tsubasa booming dan hits sekali, pas sekali dengan pelaksanaan Piala Dunia 2002," beber Ryuji dalam channel YouTube Persija Jakarta.

Tsubasa Ozora dikisahkan sebagai pesepak bola sukses yang pernah dilahirkan Jepang. Tsubasa mampu meraih banyak kesuksesan baik bersama klubnya Nankatsu dan Timnas Jepang.

Walau sosok fiktif, Ryuji Utomo yang memiliki darah Jepang itu mengaku kisah Tsubasa memberinya semangat.

 

2 dari 2 halaman

Bepe dan Maldini

Tidak hanya Tsubasa, Ryuji juga terinspirasi oleh bintang sepak bola dunia. Dua legenda sepak bola yang berpengaruh bagi Ryuji ialah legenda Persija Jakarta, Bambang Pamungkas dan legenda AC Milan, Paolo Maldini.

"Pemain lokal idola saya banyak, yang paling menginspirasi adalah Bambang Pamungkas. Personalnya yang bagus, di lapangan juga prestasinya oke. Kalau untuk pemain luar banyak juga, terutama Paolo Maldini," jelas mantan pemain Arema ini.

Sumber: YouTube Persija Jakarta

Video Populer

Foto Populer