Sukses


Tingkatkan Fisik, Bek Persija Latihan di Pegunungan

Bola.com, Jakarta - Bek tengah andalan Persija Jakarta, Ryuji Utomo memiliki metode latihan mandiri yang cukup efektif. Terutama berkaitan dengan peningkatan kualitas fisik saat wabah virus corona.

Shopee Liga 1 2020 ditangguhkan sejak pertengahan Maret lalu. Para pemain lebih banyak berlatih secara mandiri. Pemain masih punya waktu efektif dua setengah bulan lagi untuk mempersiapkan diri menghadapi lanjutan kompetisi.

Bagi Ryuji, latihan terbaiknya saat ini adalah dengan berada di daerah dataran tinggi atau pegunungan.

Banyak faktor yang membuat dirinya memilih pegunungan untuk sarana latihan yang memadai. Banyak sarana yang bisa dilakukannya untuk menunjang peningkatan kebugaran fisik yang prima selama di daerah pegunungan.

"Latihan di pegunungan, pertama karena lagi pandemi COVID-19, harus social distancing sesuai protokol pemerintah. Butuh tempat latihan yang bagus untuk peningkatan fisik saya. Jadi butuh tempat latihan yang baik," terang Ryuji Utomo dalam channel YouTube Persija Jakarta.

"Pegunungan atau di dataran tinggi itu kadar oksigennya lebih rendah dari daratan rendah. Sangat baik meningkatkan stamina saat off-season seperti ini," lanjut Ryuji Utomo.

Saksikan video pilihan berikut ini:

2 dari 2 halaman

Ketahanan dan Kecepatan

Selama berlatih di pegunungan, Ryuji melahap latihan ketahanan dan kecepatan. Yang paling efektif adalah ketika menempuh latihan pada struktur tanah yang menanjak.

"Saya mulai dengan endurance dan speed, intinya semua berkaitan dengan peningkatan kualitas fisik," ujarnya.

Selain berlatih mandiri selama kompetisi berhenti, Ryuji ikut menjajal olahraga lainnya, sebagai obat penghilang penat. 

"Hampir semua olahraga saya suka, hanya catur yang belum pernah, karena saya tidak bisa. Golf yang akhir-akhir saya mainkan," jelas pemain yang musim lalu mencetak dua gol untuk Persija.

Video Populer

Foto Populer