Sukses


Agar Tidak Gagap Hadapi Media, Pemain Timnas Indonesia U-16 Ikuti Pelatihan Public Speaking

Bola.com, Bekasi - Ada yang berbeda dari pemusatan latihan Timnas Indonesia U-16 yang digelar di Bekasi, Jawa Barat. Tak sekadar berlatih di lapangan, para pemain juga diajarkan materi non-teknis berupa seminar berbicara di depan publik atau public speaking.

Hal itu dilakukan pelatih Bima Sakti untuk mengisi waktu luang para pemain Timnas Indonesia U-16. Menurut Bima Sakti, pelatihan public speaking buat pesepak bola sangat penting agar pemain tidak kaku ketika menghadapi wawancara dari media.

"Saya pekan kemarin sudah mengundang presenter ternama untuk memberikan presentasi mengenai public speaking," kata Bima Sakti dalam konferensi pers virtual, Sabtu (18/7/2020).

"Saya ingin memberikan pengetahuan kepada mereka untuk berbicara di depan media. Saya ingin mereka ketika diwawancarai media harus sopan dan berbicara lantang," tegas Bima Sakti.

Pelajaran mengenai public speaking belakangan memang sudah dilakukan Timnas Indonesia dan klub-klub Tanah Air. Hal itu dilakukan agar para pemain tidak grogi saat berhadapan dengan media.

Timnas Indonesia U-16 menggelar pemusatan latihan di Bekasi sampai pengujung Juli 2020. Pemusatan latihan tersebut digelar sebagai rangkaian persiapan menuju Piala AFC U-16 2020.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 2 halaman

Batasi Penggunaan Media Sosial

Pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti, juga menerapkan aturan ketat soal penggunaan media sosial oleh para pemain. Hal itu dilakukan untuk menjaga mental para pemain selama pemusatan latihan di Bekasi.

Selama mengikuti pemusatan latihan, para pemain Timnas Indonesia U-16 harus mengikuti peraturan ketat mengenai penggunaan telepon genggam. Bima Sakti tak ingin waktu istirahat yang diberikan terganggu oleh penggunaan telepon genggam dan media sosial.

"Saya sudah sampaikan sejak awal, kami memang mewanti-wanti untuk masalah media sosial karena ini berpengaruh terhadap mental pemain. Pemain saya sudah mulai terkenal, followers Instagramnya sudah banyak," kata Bima Sakti.

Video Populer

Foto Populer