Sukses


Pascal Struijk, Pemain Keturunan Indonesia yang Bakal Tampil di Premier League bersama Leeds United

Bola.com, Jakarta - Meski lebih memilih berseragam Timnas Belgia atau Belanda, akan ada satu pemain keturunan Indonesia yang bakal merumput di Premier League. Dia bernama Pascal Struijk, pemain Leeds United, tim yang dipastikan lolos ke kasta tertinggi sepak bola Inggris.

Pascal Struijk merupakan pemain muda berdarah Indonesia yang lahir di Deurne, Belgia dan merupakan pemain jebolan akademi Ajax Amsterdam. Ia sukses membawa Leeds United kembali ke Premier League per musim depan.

Darah Indonesia yang mengalir di tubuhnya di dapat dari kakek dan neneknya saat masa penjajahan. Mereka hijrah ke Belanda demi penghidupan yang lebih layak.

Kepada Sportmagazine, Pascal Struijk membenarkan kabar tersebut. Sayangnya, ia mengaku tidak merasa sebagai orang Indonesia karena sejumlah hal.

"Orang Indonesia tampaknya sadar kalau saya memiliki darah Indonesia. Saya bingung mereka tahu dari mana," katanya, dikutip dari Sportmagazine.

"Saya harus akui, terkadang saya merasa orang Indonesia, tapi terkadang tidak. Namun, di luar keluarga saya, saya tidak punya hubungan dengan orang lain di Indonesia," ucap Pascal Struijk melanjutkan.

 

Video

2 dari 2 halaman

Soal Kewarganegaraan

Meski merasa orang Indonesia, Struijk tidak berniat untuk memperkuat Skuat Garuda. Dia lebih tertarik bermain untuk tim senior Belgia atau Belanda.

"Saya senang jika bisa menerima telepon dari Roberto Martinez, pelatih Timnas Belgia. Namun, saya lebih senang bermain untuk Belanda," ujarnya.

"Sampai U-17, saya secara teratur dipanggil skuat Belanda. Namun itu terhenti setelah saya di bangku cadangan Ajax Amsterdam. Jika mereka (Belanda) tidak senang, saya bisa mencoba Belgia bila diberi kesempatan," kata Struijk.

Pascal Struijk memulai kariernya sebagai pesepak bola profesional di ADO Den Hagg U-17 pada 2015. Setahun kemudian, ia dilirik oleh akademi Ajax Amsterdam, dan bermain untuk Ajax U-19 mulai musim 2016-2017.

Kariernya melesat cepat setelah musim berikutnya pemain kelahiran Belgia itu diminati oleh Leeds United untuk bermain di Liga Inggris.

Sumber: Sportmagazine

Video Populer

Foto Populer